Salin Artikel

Sudah 3 Minggu Sinyal Internet di Pulau Raas Hilang, Siswa Kesulitan Belajar Daring

Belum diketahui pasti apa penyebabnya. Kondisi ini menyulitkan aktivitas warga, khususnya pelajar dan mahasiswa yang belajar daring.

Tokoh masyarakat Desa Karopo, Kecamatan Raas, Ahmad Mahsun menjelaskan, di desanya sinyal internet telah seminggu hilang.

Hal serupa juga terjadi di Desa Jungkat, Kecamatan Raas.

Sementara di Desa Alas Malang, Karang Nangka, Talango, Tondu', dan Goa Goa, sinyal internet sudah hampir tiga minggu hilang.

Menurut Mahsun, raibnya sinyal internet sangat mengganggu para pelajar dan mahasiswa. Mereka terpaksa mencari sinyal internet ke beberapa lokasi di luar desa.

Meski sudah berkeliling mencari lokasi yang dinilai ideal, mereka tetap tak mendapatkan sinyal internet.

“Kalau teleponan biasa lancar. Tapi untuk sinyal internet yang menghilang sejak tiga minggu yang lalu. Belajar daring jadi mandek,” ujar Mahsun saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (14/1/2021).

Mahsun mengatakan, sinyal internet yang hilang berasal dari dua provider, yakni XL dan Telkomsel.


Sudah tiga minggu sinyal internet provider XL hilang, sementara Telkomsel sudah satu minggu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep Ferdiansya Tetrajaya mengaku belum menerima laporan hilangnya sinyal internet di Pulau Raas.

“Saya baru dengar kalau di Raas sinyal internet hilang sampai 3 minggu lamanya,” kata Ferdiansyah saat dikonfirmasi melalui telpon seluler.

Ferdiansyah akan berkoordinasi dengan perusahaan provider yang beroperasi di Pulau Raas.

Menurutnya, persoalan internet itu sepenuhnya menjadi kewenangan perusahaan. Pemkab Sumenep hanya memfasilitas izin perusahaan.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/15/06465911/sudah-3-minggu-sinyal-internet-di-pulau-raas-hilang-siswa-kesulitan-belajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke