Salin Artikel

Warga Korban Bentrok Aparat Vs KKB Blokade Terminal Bus Freeport, Minta Dipulangkan ke Kampung

TIMIKA, KOMPAS.com - Ratusan warga memblokade pintu masuk terminal bus milik PT Freeport Indonesia di Gorong-gorong, Kota Timika, Mimika, Papua, Kamis (14/1/2021).

Ratusan warga ini berasal dari Kampung Waa-Banti, Distrik Tembagapura, yang sejak Maret 2020 diturunkan di Kota Timika akibat konflik bersenjata antara aparat keamanan dan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Warga memblokade pintu masuk terminal dengan batu dan ranting pohon.

Selain itu, mereka juga menghamburkan bebatuan di jalan tambang di depan terminal tersebut. 

Martina Natkime selaku koordinator aksi tersebut mengatakan, pasca-diturunkan dari kampung hingga kini mereka belum mendapat kepastian kapan dipulangkan.

Padahal, mereka menilai situasi di kampung sudah aman. 

"Sampai sekarang belum ada kepastian dari pemerintah, TNI-Polri, maupun pihak PT Freeport Indonesia, kapan kami dipulangkan," kata Martina.

Martina bahkan mengeklaim, sejak mereka diturunkan ke Kota Timika, tercatat 25 warga meninggal dunia sejak Juli-Desember 2020, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. 


Dia pun meminta pemerintah, TNI-Polri, dan PT Freeport Indonesia untuk tidak mencari berbagai alasan yang bertujuan untuk menghambat mereka kembali ke kampung.

Apabila hingga Sabtu (16/1/2021) mereka belum juga dipulangkan ke kampung halaman, kata Martina, mereka akan berjalan kaki hingga sampai ke kampung di Tembagapura. 

"Saya tidak tuntut ini, tuntut itu. Saya tidak bongkar fasilitas yang ada di perusahaan. Saya jujur di atas tanah saya, negeri saya, saya mau pulang kampung," kata Martina Natkime.

Aksi blokade jalan berlangsung sekitar dua jam ini akhirnya dibubarkan polisi, setelah mendengarkan penjelasan polisi.

Wakapolres Mimika Kompol I Nyoman Punia menyampaikan bahwa pemerintah sudah membentuk tim membahas kepulangan warga.

"Pagi ini ada pertemuan membahas masalah ini yang dihadiri bupati, wakil bupati, hingga muspida," kata Nyoman. 

https://regional.kompas.com/read/2021/01/14/15570251/warga-korban-bentrok-aparat-vs-kkb-blokade-terminal-bus-freeport-minta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke