Salin Artikel

Banjir Rendam Sejumlah Daerah di Kalsel, Terparah di Kabupaten Banjar dan Tanah Laut

Kepala Basarnas Banjarmasin Sunarto mengatakan, ada dua daerah yang terparah dilanda banjir yaitu Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut.

"Memang ada beberapa daerah yang dikepung banjir, tapi ada dua daerah yang terparah yang menjadi fokus kita," ujar Sunarto saat di konfirmasi, Selasa (12/1/2021).

Personel Basarnas Banjarmasin sudah dikerahkan ke daerah yang terparah untuk membantu evakuasi warga yang terjebak di dalam rumah.

Di Kabupaten Banjar misalnya, tim Basarnas mengevakuasi puluhan warga menggunakan perahu karet ke tempat yang lebih tinggi.

"Hari ini kita melaksanakan evakuasi di daerah Kecamatan Pengaron dan Kurau di Kabupaten Banjar, sementara di Kabupaten Tanah Laut kita evakuasi warga di Daerah Bati-bati," jelasnya.

Selain tingginya intensitas hujan, banjir juga diperparah oleh meluapnya tanggul dan beberapa Sungai.

Ketinggian air di daerah terparah mencapai 2 meter.

"Secepatnya harus dievakuasi karena sudah menenggelamkan rumah-rumah warga, tinggi air mencapai 2 meter. Intinya saat ini tim kami masih di daerah terparah untuk evakuasi," tambahnya.

Selain menggenangi rumah-rumah warga, banjir di Kabupaten Tanah Laut juga menutup akses jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Saat ini petugas kepolisian dari Polres Tanah Laut, mengalihkan arus lalu lintas ke jalur alternatif.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/12/13035441/banjir-rendam-sejumlah-daerah-di-kalsel-terparah-di-kabupaten-banjar-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke