Salin Artikel

Diguyur Hujan Deras Selama 3 Jam, Puluhan Rumah di Kabupaten Dompu Terendam Banjir

Akibatnya, puluhan rumah yang berada di Desa Bara terendam banjir.

Ketinggian banjir luapan sungai ini dilaporkan mencapai 1,5 meter. Tim Reaksi Cepat (TRC) bersama TNI dan polisi langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi warga terdampak.

Kepala BPBD Kabupaten Dompu, Jufri mengatakan, banjir terjadi setelah wilayah Woja diguyur hujan lebat selama tiga jam.

"Luapan air sungai itu kemudian merendam permukiman. Akibatnya, sekitar 60 rumah warga di tiga dusun di Desa Bara terdampak," kata Jufri saat dihubungi Kompas.com, Jumat.

Selain merendam permukiman penduduk, banjir juga menggenangi sawah warga yang baru beberapa minggu selesai ditanami padi.

Jufri mengungkapkan, banjir terjadi akibat tingginya curah hujan di bagian hulu. Sehingga aliran sungai yang melintas di Desa Bara meluap ke permukiman.

"Sungai tak mampu menampung debit air, sehingga menggenangi permukiman. Ketinggian air yang masuk ke rumah-rumah warga hingga mencapai 1,5 meter. Tadi kita langsung turunkan tim untuk evakuasi," tuturnya.

Namun saat ini, kata dia, genangan air di lokasi yang terdampak sudah surut. Laporan sementara tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.


Banjir dengan ketinggian mencapai 1,5 meter itu tak sampai membuat warga mengungsi. Menurutnya, warga memilih bertahan di rumah hingga banjir surut.

"Tidak ada yang mengungsi. Saat ini, genangan air sudah surut. Warga pun sedang melakukan pembersihan material bawaan banjir seperti lumpur dan sampah," ujarnya.

Tim BPBD masih berada di lokasi banjir untuk melakukan pendataan.

"Sementara untuk logistik bagi warga yang terdampak, kami lagi koordinasi dengan pemerintah provinsi, di samping ada bantuan tanggap darurat dari Kabupaten," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/08/19411611/diguyur-hujan-deras-selama-3-jam-puluhan-rumah-di-kabupaten-dompu-terendam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke