Salin Artikel

Indramayu Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19, Begini Tahapannya

Simulasi tersebut meliputi tahapan pendaftaran, screening (pemindaian), hingga penyuntikan vaksin. Indramayu sendiri menerima vaksin sebanyak 4.584 dosis.

Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat mengatakan, tahap pertama penerima vaksin adalah kalangan tenaga kesehatan (nakes). Pihaknya juga telah menyiapkan 10 rumah sakit dan 49 puskesmas sebagai fasilitas tempat vaksinasi.

"Jadi melalui simulasi ini, setelah divaksin dilakukan observasi selama 30 menit untuk melihat gejala. Ketika ada gejala, ditangani, dan tidak ada gejala pulang," katanya seusai menggelar simulasi vaksinasi di Puskesmas Margadadi, Jumat (8/1/2021).

Taufik juga menjelaskan, ketika masyarakat selesai divaksin dan pulang ke rumah lalu terjadi reaksi gejala, pihaknya mengimbau agar segera pergi ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk ditangani.

"Jadi ketika tiga puluh menit dan sudah sampai rumah terjadi gejala atau hal-hal yang tidak terjadi, ini bisa menghubungi atau mendatangi puskesmas ataupun rumah sakit terdekat. Jadi ini bagus dan harus diinformasikan ke yang lainnya," ujar dia.

Saat pemberian dan penyuntikan vaksin juga, Taufik direncanakan ikut pada tahap pertama penerima vaksin bersama para tenaga kesehatan (nakes) di Indramayu, Jawa Barat.

Diberikan kartu setelah divaksin

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, mengungkapkan setelah masyarakat melakukan vaksinasi, pihaknya akan memberikan kartu vaksin.

Kartu tersebut, menurut Deden, sebagai identitas atau ciri bahwa seseorang telah divaksin.

Dengan adanya kartu tersebut, pihaknya dapat mendata, siapa yang telah divaksin dan belum meski tercatat sebagai penerima vaksin.

"Setelah dilaksanakan vaksinasi kemudian masuk ke ruang observasi. Jadi penerima vaksin ini akan dilakukan observasi selama 30 menit. Jadi setelahnya tidak boleh langsung pulang, karena si penerima vaksin ini akan menerima kartu vaksin sebagai tanda bahwa dia telah selesai divaksin," terang Deden.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/08/16091641/indramayu-gelar-simulasi-vaksinasi-covid-19-begini-tahapannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke