Salin Artikel

Villa Mutiara Makassar Diduga Jadi Pusat Berkumpul Terduga Teroris JAD Sulsel

MAKASSAR, KOMPAS.com - Perumahan Villa Mutiara Biru yang terletak di Kelurahan Bulorokeng, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, diduga menjadi pusat berkumpulnya terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Sulsel.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam mengungkapkan, seluruh terduga teroris yang berjumlah 20 orang ditangkap di perumahan itu.

"Keberadaan mereka cukup lama menurut Pak RT. Mereka membentuk pengajian sendiri," ujar Merdisyam saat diwawancara di sekitar rumah terduga teroris tersebut, Rabu siang.

Menurut Merdisyam, sejak bulan Oktober 2020 lalu, kelompok ini rutin melakukan latihan tembak dan naik gunung yang mereka sebut dengan istilah idat.

Jaringan yang juga pendukung khilafah ISIS ini terlibat pendanaan kepada pelaku bom bunuh diri di gereja Katedral, Jolo, Filipina, pada Agustus 2020.

Kelompok ini sudah melakukan baiat khilafah ISIS di Pondok Pesantren AR Ridho pimpinan Ustaz Basri pada tahun 2015 lalu.

"Pada tahun 2016 bersama keluarga hijrah bermaksud bergabung organisasi ISIS di Suriah, namun dapat dibatalkan di Bandara Soekarno-Hatta," ucap Merdisyam.

Saat melakukan penangkapan, kata Merdisyam, polisi menyita beberapa senjata tajam seperti parang, busur, anak panah senapan angin PCP serta beberapa bahan peledak.

Belasan terduga teroris itu kini dbawa ke Jakarta.

Sementara jenazah dua terduga teroris yang tewas tertembak masih berada di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar.

"Sampai saat ini sementara didatakan tapi bahan peledak tidak ada. Dalam pengembangan, saat ini ditangani densus 88. Sudah lama didalami ybs dan bukti-bukti yang ada," kata Merdisyam.

Sebelumnya diberitakan, dua orang yang diduga teroris tewas saat ditangkap tim gabungan Densus 88 Mabes Polri bersama tim gegana Polda Sulsel dan aparat Polrestabes Makassar di Jalan Boulevard, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Rabu (6/1/2021) pagi.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana mengatakan dua terduga teroris tersebut merupakan jaringan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berinisial R dan Aj.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/06/14451091/villa-mutiara-makassar-diduga-jadi-pusat-berkumpul-terduga-teroris-jad

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke