Salin Artikel

2021, Bandara Ngloram Siap Layani Penerbangan Komersial

Pesawat komersial jenis ATR 72-600 tersebut mendarat mulus saat menguji kelayakan infrastruktur runway.

Staf ahli Kementerian Perhubungan Chris Kuntadi mengatakan, pesawat dengan nomor penerbangan IN -2100 yang berpenumpang 10 orang termasuk dirinya itu lepas landas dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang pada pagi pukul 07.00 dan tiba di Bandara Ngloram pukul 07.35. 

Kedatangan rombongan itu disambut oleh Bupati Blora Djoko Nugroho.

"Landasan pacu Bandara Ngloram sudah bagus dan akan diperpanjang. Alhamdulilah pendaratan mulus tak terkendala. Intinya Bandara Ngloram layak. Kalau enggak layak, enggak mungkin ada pendaratan pesawat dan sudah siap untuk penerbangan komersil," ujar Chris usai turun dari pesawat, Rabu (30/12/2020).

Menurut Chris, layanan pesawat jenis ATR 72-600 dinilai sudah cukup untuk mengawali langkah pengoperasian Bandara Ngloram.

"Tiketnya akan dibicarakan dan ditentukan dengan pihak maskapai. Pastinya dengan harga yang terjangkau. Kalau bisa disubsidi oleh pemerintah daerah di awal-awal. Lobi ke maskapai lain juga masih diupayakan," kata Chris.

Sementara itu, Bupati Blora Djoko Nugroho berharap masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan Bandara Ngloram untuk akses perekonomian.

Ia berharap, terealisasinya Bandara Ngloram dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Ini daya tarik yang luar biasa dan sosialisasi akan dilakukan. Bandara harus terus kita bangun dan yang lain sementara ngalah dulu. Apapun kita pertaruhkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujar pria yang biasa disapa Kokok itu. 

Kepala Bandara Dewadaru Karimunjawa, Ariadi Widiawan, yang membawahi Bandara Ngloram menyampaikan, pendaratan pesawat reguler ATR 72-600 merupakan prosedur awal menuju kelas selanjutnya. 

"Target ke depan bisa membuka rute Surabaya-Ngloram, Cepu. Kami juga mohon maaf kepada masyarakat, dengan kedatangan pesawat hari ini tidak dipublikasikan ke masyarakat karena masih pandemi Covid-19," ujar Ariadi.

Kasatpel Bandara Ngloram Abdul Rozaq menyampaikan, Bandara Ngloram siap dioperasikan pada 2021.

Saat ini, pembangunan Bandara Ngloram terus dikebut termasuk penyelesaian terminal penumpang dengan kapasitas 280 orang.

"Insyaallah Bandara Ngloram siap melayani penerbangan pada Januari tahun 2021,"ujar Rozaq. 

https://regional.kompas.com/read/2020/12/31/18273701/2021-bandara-ngloram-siap-layani-penerbangan-komersial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke