Salin Artikel

Arus Balik Libur Tahun Baru, Waspada 5 Titik Rawan Kecelakaan Jalur "Tengkorak" Gentong

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Tasikmalaya mencatat ada 5 titik rawan kecelakaan di sepanjang jalur "tengkorak" Gentong, Tasikmalaya.

Jalur Gentong sendiri dikenal memiliki jalur yang berkelok-kelok dengan tanjakan dan turunan yang curam disertai di sepanjang kiri pinggir jalannya adalah jurang.

"Kami meminta kepada para pengendara untuk waspada saat melewati jalur Gentong. 5 titik rawan kecelakaan di sepanjang jalur ini, yakni Simpang 3 Pamoyanan, Gentong Bawah, Gentong Atas, Leter U Strawberry-Kadipaten dan Jembatan Trowek-Kadipaten," jelas Kepala Satlantas Polresta Tasikmalaya, AKP Bayu Tri Nugraha, kepada wartawan, Senin (28/12/2020).

Menurut Bayu, saat memasuki musim liburan tahun baru di masa Pandemi Corona ini tidak terpantau arus kendaraan yang signifikan.

Namun, sesuai pantauan informasi di Objek Wisata Pangandaran, semua fasilitas penginapan penuh dan sudah mulai membludak pengunjung.

Sehingga, diyakini saat kedatangan pengunjung dari kota-kota besar tak sekaligus membludak dan biasanya tak datang secara rombongan.

Namun, saat nanti arus balik para pengunjung pulang lagi ke kota-kota besar biasanya akan bersamaaan dan diprediksi akan terjadi kepadatan di wilayah Gentong, Tasikmalaya.

"Kami prediksi arus balik nanti yang justru akan terjadi kepadatan, karena biasanya akan pulang secara bersamaan waktunya untuk kembali ke kota-kota besar. Apalagi, selama ini hanya Pangandaran, objek wisata terkenal di Jabar yang masih dibuka dan dikunjungi oleh para wisatawan," tambah Bayu.

Pihaknya meminta kepada semua pengendara untuk lebih waspada saat melewati jalur Gentong-Tasikmalaya.

Apalagi, selama ini wilayahnya jadi akses utama menuju Pangandaran bagi wisatawan yang berasal dari kota-kota besar.

Persiapkan kendaraan dan fisik berkendara serta selalu berhati-hati di wilayah jalur rawan serta tak terlalu kencang membawa mobil ataupun motor.

"Persiapkan segalanya mulai dari kendaraan dan fisik seusai liburan saat melewati jalur rawan kecelakaan. Kita juga menyediakan lokasi rest area bagi pengendara di kawasan Letter U Gentong. Jadi, kalau sudah capek jangan dipaksakan, istirahat dulu di rest area yang telah disediakan," ujar dia. 

https://regional.kompas.com/read/2020/12/28/14183621/arus-balik-libur-tahun-baru-waspada-5-titik-rawan-kecelakaan-jalur-tengkorak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke