Salin Artikel

Ditunjuk Jadi Mensos, Ini Sederet Langkah Awal yang Bakal Dilakukan Risma

Dalam sambungan video call dengan awak media di Surabaya, Risma mengaku hal paling pertama yang bakal ia kerjakan adalah pembenahan data penerima bantuan sosial (bansos).

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meminimalisasi adanya kesalahan.

"Gimana data itu bisa kesalahan dan error-nya rendah. Itu yang pertama, karena geraknya melalui data," kata Risma melalui sambungan video call, Selasa (22/12/2020).

Di samping itu, Risma mengutarakan, Presiden Jokowi juga menginstruksikan bahwa penyerahan bantuan sosial nantinya akan menggunakan sistem transfer ke rekening masing-masing penerima.

"Presiden tadi menyampaikan tidak ada lagi pakai bentuk tunai-tunai begitu, jadi modelnya sudah transfer-transfer gitu," ujar Risma.

Selain itu, Risma sudah memiliki ancang-ancang untuk melakukan pemberdayaan kepada para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Caranya adalah dengan mengekstraksi program yang telah ia lakukan selama sepuluh tahun menjabat sebagai wali kota Surabaya.

"Jadi (masyarakat) bukan hanya menerima bantuan, tapi kita ajarkan mereka berdaya, kayak (program) Pahlawan Ekonomi, Kampung Anak Negeri," tutur Risma.

Sebab, Risma mengaku bahwa Jokowi sendiri mendukung program yang bakal ia kerjakan selama mengemban jabatan sebagai Mensos.

"Kata Pak Presiden, 'enggak apa-apa Bu Risma, Bu Risma kan sudah pengalaman di Surabaya jadi wali kota'," kata Risma menirukan ucapan Jokowi.

Tak hanya itu, Risma berujar, untuk memperlancar upayanya melakukan pemberdayaan sosial, ia mengaku siap menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Kan bisa caranya. Nanti aku kerja sama dengan perguruan tinggi di daerah masing-masing, jadi misalkan kalau di Papua dengan Universitas Cendrawasih. Nanti monitoring dan evaluasinya bisa terjaga, sehingga outputnya bisa kelihatan, bisa terukur," tutur Risma.

Sebagaimana diberitakan, Presiden Joko Widodo menunjuk Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial dalam Kabinet Indonesia Maju.

Kepastian ini disampaikan dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

"Saya kira kita tahu semuanya beliau adalah walikota Surabaya ya. Dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ujar Jokowi.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/22/21065201/ditunjuk-jadi-mensos-ini-sederet-langkah-awal-yang-bakal-dilakukan-risma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke