Salin Artikel

Keluar Masuk Yogyakarta Pakai Kereta Wajib Rapid Test Antigen, Hasil Tes Berlaku 3 Hari

Ia menjelaskan wajib antigen mulai diberlakukan pada tanggal 22 Desember besok. Pihaknya telah menyediakan 5 bilik untuk para pelaku pelaku perjalanan yang akan melakukan rapid test antigen.

"Syarat bepergian naik kereta api sesuai dengan SE gugus tugas dan SE direktorat perkeretaapian berlaku pada tanggal 22, Desember," katanya, Senin (21/12/2020).

Hasil rapid test antigen hanya berlaku 3 hari

Lanjut dia hasil dari rapid test antigen hanya berlaku selama 3x24 jam setelah itu penumpang harus melakukan test kembali. Namun, pihaknya juga masih menerima hasil test PCR atau swab test.

"Kalau PCR berlakunya selama 14 hari, sedangkan antigen hanya 3x24 jam," kata dia.

Dia menerangkan proses untuk melakukan tes antigen memakan waktu 20-30 menit tergantung kesiapan dari penumpang itu sendiri.

Pihaknya menghimbau kepada para penumpang untuk datang lebih awal untuk melakukan tes antigen.

"Tes antigen info yang kami dapat memakan waktu 20-30 menit itu pengambilan sampai hasil. Diusahakan datang H -1 jangan terlalu mepet dengan perjalanan kereta apinya sehingga tidak ketinggalan kereta," kata dia.

Tes di stasiun H-1, tarif Rp 105.000

Sedangkan untuk tes antigen penumpang dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 105 ribu. Harga tersebut di luar dari harga tiket kereta api.

"Jadi ini khusus bagi penumpang yang memiliki nomor boarding, kalau tidak memiliki tidak bisa tes antigen di KAI," ujar dia.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 selama perjalanan menggunakan kereta api, dirinya juga menghimbau kepada para penumpang untuk menggunakan baju lengan panjang.

Selain itu kurangi berinteraksi atau mengobrol dengan selama berada di kereta. Menggunakan masker, dan menggunakan pelindung muka (face shield).

"Wajib mengenakan masker dan face shield untuk perjalanan jarak jauh sedangkan untuk jarak pendek seperti Joglosemarkerto tidak apa-apa. Tapi kalau memiliki dan dipakai lebih bagus," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/22/05500001/keluar-masuk-yogyakarta-pakai-kereta-wajib-rapid-test-antigen-hasil-tes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke