Salin Artikel

Ridwan Kamil Pertanyakan Gubernur Banten Tak Diperiksa, Wahidin Halim: Jangan Kami Disalahkan...

Padahal, terjadi kerumunan massa FPI yang menjemput Rizieq Shihab di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada 10 November 2020 lalu.

Menanggapi hal itu, Wahidin Halim enggan disalahkan dengan terjadinya kerumunan pada saat kedatangan Rizieq di Bandara Soekarno Hatta.

"Jangan kami disalahkan, apa hubungannya," kata Wahdin melalui video klarifikasi yang diperoleh Kompas.com. Rabu (16/12/2020).

Kewenangan bandara, bukan kewenangan Pemprov Banten

Wahidin menuturkan, terkait kedatangan Rizieq Shihab menjadi kewenangannya pihak bandara bukan Pemprov Banten.

"Kerumunan di bandara itu adalah menjadi otoritas pihak bandara soekarna hatta yang tidak bisa diintervensi oleh pemerintah setempat maupun pemerintah provinsi," ujarnya.

Menurut mantan Wali Kota Tangerang itu menjelaskan, penerapan protokol kesehatan di Bandara Soetta berdasarkan intruksi dan perintah dari pemerinta pusat.

"Menjadi aneh kalau ada orang yang selalu mengkait-kaitan terkait kerumunan di bandara dengan tanggung jawab hukum pemerintah provinsi banten maupun kab/kota," tegasnya.


Dipertanyakan Ridwan Kamil

Sebelumnya, Ridwan Kamil mempertanyakan mengapa hanya dirinya selaku Gubernur Jabar dan Gubernur DKI Jakarta saja yang dimintai keterangan terkait kerumunan massa Rizieq Shihab.

Padahal, ada tiga lokasi kerumunan saat kedatangan Rizieq yang menimbulkan kerumunan, yakni Tangerang, Jakarta, dan Bogor.

"Kalau Gubernur Jawa Barat diperiksa, DKI diperiksa, kenapa peristiwa di bandara tidak diperiksa?" kata Ridwan Kamil di Mapolda Jabar pada Rabu (16/12/2020).

"Berarti kan gubernurnya juga harusnya mengalami perlakuan hukum yang sama seperti yang saya alami sebagai warga negara yang baik, kan begitu."

Menurut Ridwan Kamil, Indonesia sebagai negara hukum seharusnya mengedepankan ketaatan dan kesetaraan di mata hukum.

"Kita kan negara hukum yang mengedepankan ketaatan dan kesetaraan di mata hukum sama," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/16/20512871/ridwan-kamil-pertanyakan-gubernur-banten-tak-diperiksa-wahidin-halim-jangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke