Salin Artikel

Dinkes Tasikmalaya Beberkan Alasan Soal Pasien Covid-19 Dirujuk ke Jakarta Pakai Pesawat

KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Tasikmalaya membeberkan alasan seorang dokter senior yang positif Covid-19 dibawa ke rumah sakit rujukan di Jakarta dengan menyewa pesawat pribadi.

"Karena butuh penanganan cepat sehingga dibawa langsung ke Jakarta. Keluarganya juga banyak di Jakarta. Terbang memakai pesawat atas keinginan pribadi pasien dan dibiayai secara mandiri oleh pasien," jelas Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Titie Purwaningsari Selasa (15/12/2020).

Selain itu, pasien tersebut juga memiliki penyakit bawaan yang harus mendapat perawatan khusus di rumah sakit tipe A yang memiliki dokter subspesialis.

Menurut Titie, saat ini tipe rumah sakit paling tinggi di Tasikmalaya adalah tipe B, yaitu Rumah Sakit Soekardjo.

Lalu, saat ada kasus pasien yang membutuhkan penanganan khusus, RSUD dr Soekardjo biasanya merujuk pasien itu ke RS tipe A yang berada di ibu kota provinsi.

"Biasanya kalau tidak ke Bandung, Jogja, atau Jakarta, dan kota-kota besar lainnya yang ada rumah sakit tipe A," kata Titie.


Sewa pesawat bisa dilakukan, jika...

Bagi keluarga yang secara finansial mampu, menurut Titie, pasien bisa diberangkatkan dengan menyewa pesawat dan tanpa rujukan berjenjang.

Namun, jika pasien tak mampu atau menggunakan BPJS Kesehatan, harus melalui rujukan berjenjang.

"Itu bisa kita rujuk secara berjenjang, tapi tidak dengan fasilitas pesawat," tambah dia.

Menurutnya, ada banyak keterbatasan fasilitas kesehatan di beberapa rumah sakit besar yang ada di Kota Tasikmalaya.

"Mulai dari belum ada RS tipe A, lalu ketersediaan dokter spesialis, hingga ketersediaan alat-alat kesehatan. Semua rumah sakit besar di Kota Tasikmalaya masih belum ada yang tipe A," pungkasnya.

(Penulis: Kontributor Tasikmalaya, Irwan Nugraha | Editor: Farid Assifa)

https://regional.kompas.com/read/2020/12/15/13550011/dinkes-tasikmalaya-beberkan-alasan-soal-pasien-covid-19-dirujuk-ke-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke