Salin Artikel

Hasil Sementara Real Count KPU Pilkada Buru Selatan: Pasangan Ali-Zainudin Bersaing Ketat dengan Safitri-Gerson

Berdasarkan hasil real count di laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pukul 16.30 WIT, pasangan yang didukung koalisi Golkar dan Gerindra itu unggul dengan perolehan 42,0 persen.

Sementara, pasangan nomor urut 2, Abdurrahmad Soulissa-Elissa Ferianto Lesnussa berada di posisi ketiga dengan perolehan 16,3 suara.

Pasangan nomor urut 3, Safitri Malik Soulissa-Gerson Eliaser Selsily yang diusung PDI-Perjuangan, Berkarya, PAN, PKPI, Demokrat, PKB, PSI, dan PKS, berada di posisi dua dengan perolehan 41,7 persen suara.

Perolehan tersebut berdasarkan hasil pemungutan suara di 82 TPS dari total 201 TPS di Kabupaten Buru Selatan.

Dari hasil sementara itu, pasangan Hadji Ali-Zainudin unggul di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kepala Madan, Ambalaudan, dan Leksula.

Sementara tiga kecamatan lainnya, Namrole, Waesama, Fena Fafan, dimenangkan pasangan Safitri-Gerson.

Juru bicara pasangan Hadji Ali-Zainudin, Muhamad Ikbal Souwakil mengatakan, pihaknya masih memantau proses rekapitulasi yang dilakukan KPU.

Menurut Ikbal, proses rekapitulasi masih berlangsung. Ia tak mau buru-buru mengeklaim kemenangan sebelum KPU mengumumkan hasil rekapitulasi resmi.

“Sekarang kan rekapitulasi di kecamatan masih terus berlangsung, belum selesai jadi kita tunggu saja hasil putusan KPU,” kata Ikbal saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/12/2020).


Tim pasangan Hadji Ali-Zainudin terus memantau proses rekapitulasi di kecamatan. Ia pun mengingatkan KPU dan jajarannya agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan bertanggung jawab.

“Soal ada klaim kemenangan dari pasangan lain itu urusan mereka, yang pasti kita tunggu sampai semua proses selesai,” katanya.

Terpisah, juru bicara pasangan Safitri-Gerson mengaku optimistis memenangkan Pilkada Buru Selatan.

Ia menyebutkan, hasil rekapitulasi di situs resmi KPU berasal dari 82 TPS, belum seluruhnya.

Terpisah, juru bicara pasangan Safitri-Gerson, Abubakar Solissa mengaku optimistis memenangkan Pilkada Buru Selatan.

Ia menyebutkan, hasil rekapitulasi di situs resmi KPU berasal dari 82 TPS, belum seluruhnya.

“Sehingga kami tidak terkejut sama sekali, kami memastikan bahwa data yang masuk itu dari kecamatan yang menjadi basis suara pasangan Ajaib dan dari kecamatan yang dimenangkan SMS-GES itu belum dihitung seluruhnya,” ungkapnya kepada Kompas.com.

Ia mengeklaim telah mengantongi hasil perolehan suara tiga pasangan calon yang bertarung di Pilkada Buru Selatan. Hasilnya, pasangan Safitri-Gerson unggul di atas 43 persen suara.

“Data C1 KWK dari semua saksi itu kita sudah pegang dan kita menang,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/14/18320861/hasil-sementara-real-count-kpu-pilkada-buru-selatan-pasangan-ali-zainudin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke