Salin Artikel

Temuan KPU, Ada Petugas KPPS Layani Warga Mencoblos, padahal Tak Masuk DPT

TPS yang akan menggelar PSU yaitu masing-masing satu TPS di Kabupaten Malang dan Kota Surabaya.

"Di Kabupaten Malang PSU digelar 12 Desember 2020, sementara di Kota Surabaya PSU digelar 13 Desember 2020," kata Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam saat dikonfirmasi, Kamis (10/12/2020).

Di Kabupaten Malang, PSU digelar di TPS 3 di Desa Purwodadi Kecamatan Donomulyo.

Choirul mengatakan, pelanggaran di TPS tersebut yaitu didapati dua orang yang mencoblos, padahal mereka tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) TPS setempat.

"Pencoblos dimaksud bukan warga sekitar TPS atau KTP tidak sesuai dengan alamat TPS setempat, dan pemilih tersebut dilayani oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS setempat," ujar dia.

Pengakuan KPPS setempat, dia hanya ingin memfasilitasi pemilih yang datang ke TPS tanpa bermaksud melakukan pelanggaran.

"Ini terjadi karena kekurang pahaman KPPS dalam memahami jenis jenis pemilih, sehingga mengakibatkan lolosnya pemilih yang tidak memiliki hak untuk menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut terlayani," jelasnya.


Sementara di Surabaya, PSU digelar di TPS 46 Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karangpilang.

PSU digelar di TPS tersebut karena KPPS memberikan penandaan atau nomor urut pada surat suara sehingga tidak menjamin asas kerahasiaan pemilih.

"Hasil klarifikasi KPU Surabaya terhadap petugas KPPS, penandaan dengan memberikan nomor urut pada surat suara hanya untuk memudahkan dalam proses penghitungan surat suara saat pelaksanaan proses penghitungan," jelasnya.

Pilkada serentak di Jawa Timur digelar di 19 daerah pada Rabu, yakni di Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kediri, Lamongan, Tuban, dan Gresik.

Darah lain yaitu Mojokerto, Malang, Blitar, Sidoarjo, Sumenep, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi, kemudian Kota Blitar, Pasuruan, dan Kota Surabaya. 

https://regional.kompas.com/read/2020/12/10/17144001/temuan-kpu-ada-petugas-kpps-layani-warga-mencoblos-padahal-tak-masuk-dpt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke