Salin Artikel

Lawan Kotak Kosong, Pasangan Arif-Rista Sementara Unggul di Pilkada Kebumen

KEBUMEN, KOMPAS.com - Pilkada Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, hanya diikuti satu kontestan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati.

Berdasarkan penghitungan suara hingga Rabu (9/12/2020) sore, paslon Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih (Arif-Rista) untuk sementara unggul dari kotak kosong.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen Yulianto mengatakan, berdasarkan rekapitulasi sementara Arif Rista memperoleh 25.787 suara (58 persen) dan kotak kosong 17.440 suara (39 persen).

Sedangkan suara tidak sah sebanyak 1.413 (3 persen).

"Data tersebut berasal dari 205 tempat pemungutan suara (TPS) yang telah masuk dari total 3.155 TPS," kata Yulianto saat dihubungi, Rabu.

Yulianto mengatakan, dalam Pilkada Kebumen ini tidak ada lembaga yang menggelar hitung cepat. Pihaknya hanya menampilkan rekapitulasi penghitungan suara sementara di kantor KPU.

Sementara itu, Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz meminta semua pihak menerima apapun hasil dari Pilkada Kebumen.

"Apapun hasilnya ini adalah yang terbaik bagi Kabupaten Kebumen dan bagi masyarakat," kata Yazid seusai memantau pemungutan suara di RSUD Dr Soedirman Kebumen.

Bupati juga mengapresiasi penyelenggara yang telah menerapkan protokol kesehatan, sehingga diharapkan tidak akan ada klaster baru Covid-19 dari Pilkada.

"Saya melihat masyarakat dan petugas menerapkan protokol kesehatan. Alhamdulillah semua berjalan lancar," ujar Yazid.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/09/19575121/lawan-kotak-kosong-pasangan-arif-rista-sementara-unggul-di-pilkada-kebumen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke