Salin Artikel

Unggul Berdasarkan Hasil Quick Count, Eri Cahyadi: Kami Diberi Amanah Memimpin Surabaya...

Klaim keunggulan itu berdasarkan hasil quick count (hitung cepat) yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

"Innalillahi wainnailaihi rajiun, pada sore hari ini kami Eri-Armuji, berdasarkan perhitungan cepat sementara kita diunggulkan, dan berarti kalau ini dihitung secara manual, berarti (hasilnya) tidak jauh berbeda," kata Eri mengawali pidatonya di Kantor DPC PDI Perjuangan, Jalan Setail Nomor 8 Surabaya, Rabu (9/12/2020) sore.

Eri berharap seluruh warga bersedia gotong royong membangun Kota Surabaya. Sehingga, Kota Pahlawan menjadi kota dambaan yang gemah ripah loh jinawi.

"Kami diberikan amanah untuk memimpin Kota Surabaya, karena itu kami berharap kepada seluruh warga Kota Surabaya, kita bangun bersama kota ini menjadi kota yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur," ujar Eri.

Eri menegaskan, tujuannya maju di Pilkada Surabaya bukan untuk meraih kekuasan.

Ia bersama Armuji tulus ingin menyejahterakan seluruh masyarakat Kota Surabaya.

"Sejak awal kami mengatakan bahwa tujuan kami bukan untuk merebut kekuasaan, tapi untuk maslahat umat dan menyejahterakan masyarakat Surabaya," kata Eri.

Tunggu versi KPU

Meski unggul dalam hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei, mantan Kepala Bappeko Surabaya ini tetap menunggu hasil hitung resmi dari KPU Surabaya.

"Saya berharap tidak ada euforia berlebihan. Karena kita harus menghormati saudara-saudara kita," ujar Eri.

Eri berharap tak ada lagi persaingan di seluruh lapisan masyarakat. Sebab, seluruh pihak bersatu demi kepentingan masyarakat.

"Kita kembali lagi ke satu, satu Kota Surabaya, satu untuk kepentingan masyarakat Surabaya. Sehingga tidak ada lagi di Kota Surabaya ini ujaran kebencian, berita hoaks, saling menjatuhkan. Ayo kita bangun bersama Kota Surabaya ini. Kita jaga keutuhan Kota Surabaya," ujar Eri.

Pendukung berkumpul

Sebanyak tiga lembaga survei mengeluarkan hasil hitung cepat atau quick count sementara untuk Pilkada Surabaya, Rabu (9/12/2020), pukul 16.49 WIB.

Mengutip tayangan Kompas TV, hasil hitung cepat sementara yang dikeluarkan Poltracking, pasangan nomor urut 1 Eri Cahyadi-Armuji 57,41 persen dan paslon nomor urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman 42,59 persen. Sampel yang masuk 96,6 persen.

Sedangkan hasil quick count Populi Center, Eri -Armuji 56,51 persen dan Machfud Arifin-Mujiaman 43,49 persen. Sampel masuk 100 persen.

Adapun hasil hitung cepat Charta politica, Eri-Armuji 55,59 persen dan Machfud Arifin-Mujiaman 44,41 persen. Sampel masuk 79 persen.

Menerima informasi tersebut, sejumlah pendukung mulai berkumpul di Posko Pemenangan Eri Cahyadi-Armuji di Jalan Setail, Surabaya.


Banyaknya pendukung yang berkumpul membuat Jalan Setail ditutup. Sementara, kesibukan tak terlihat di posko pemenangan Machfud Arifin-Mujiaman.

Pilkada Surabaya 2020 diikuti dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya.

Pasangan nomor urut 1 Eri Cahyadi-Armuji diusung PDI-P dan didukung Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Eri-Armuji akan melawan pasangan nomor urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman yang diusung delapan partai koalisi, yakni PKS, PPP, PKB, Golkar, Nasdem, Demokrat, PAN, dan Gerindra.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/09/18495321/unggul-berdasarkan-hasil-quick-count-eri-cahyadi-kami-diberi-amanah-memimpin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke