Salin Artikel

Harus Datangi Pasien Covid-19 di RS, Petugas KPPS Khawatir Tertular

Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan mendatangi rumah sakit rujukan tempat pasien Covid-19 dirawat.

Dua rumah sakit rujukan itu adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin dan RSUD Ansari Saleh Banjarmasin.

Namun, petugas KPPS justru khawatir tertular Covid-19 jika mendatangi salah satu rumah sakit tersebut.

Iberahim, selaku Ketua Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) di Kecamatan Banjarmasin Utara menuturkan, hanya satu orang petugas yang mengenakan Alat Pelindung Diri (APD).

Sementara petugas lain yang mendampingi seperti Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) serta saksi dari pasangan calon justru tak dilengkapi APD.

"Yang mengenakan atau dibekali APD itu hanya petugas KPPS yang akan mendatangi pasien atau keluarga pengunjung di rumah sakit, sementara PPL dan saksi tidak dibekali," ujar Iberahim kepada wartawan, Selasa (8/12/2020).

Iberahim juga mengatakan, jika petugas lain dan saksi tidak dibekali APD, maka sangat kecil kemungkinan mereka berani masuk ke dalam ruang perawatan pasien Covid-19.

"Apakah mereka nanti berani masuk ke rumah sakit itu, pasti mereka juga takut terjangkit corona kan?" jelasnya.


Sesuai aturan dan petunjuk teknis, semua pasien yang dirawat di rumah sakit, baik itu penyakit umum maupun Covid-19 berhak menggunakan hak pilihnya dan wajib didatangi oleh PPK setempat.

Namun, belum lagi pencoblosan dimulai, sudah ada petugas KPPS yang yang tertular Covid-19 dan telah mengundurkan diri.

"Ini yang dikhawatirkan. Sebelumnya, sudah ada petugas KPPS yang telah turut terinfeksi Covid-19, langsung mengundurkan diri. Dia sekarang tengah melakukan isolasi mandiri," ungkapnya.

Untuk itu, dengan sisa waktu ini, Iberahim berharap agar seluruh yang terlibat dalam TPS khusus di rumah sakit dapat difasilitasi atau dibekali APD untuk meminimalisasi tertularnya mereka dari Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/08/11445141/harus-datangi-pasien-covid-19-di-rs-petugas-kpps-khawatir-tertular

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke