Salin Artikel

Banjir di Perumahan De Flamboyan Medan, 5 Orang Ditemukan Meninggal

Saat ini tim masih melakukan pencarian terhadap 1 orang lagi yang masih dinyatakan hilang.

"Korban yang meninggal dunia ada lima di antaranya satu anak-anak, 3 perempuan dan 1 pria," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima pada Jumat (4/12/2020 sore.

Dijelaskannya, pencarian korban yang hilang dilakukan oleh Basarnas Medan dan melibatkan pihak lain, mulai BPBD Pemprov Sumut, Arhanud, Koramil, Tagana, Kelompok Penggemar Kegiatan di Alam Bebas, Sangkala, Medan Rescue dan Partai Keadilan Sejahtera.

"Di De Flamboyan ini ada 343 orang yang selamat," ungkapnya.

Sedangkan untuk banjir di Sungai Deli, di Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Tim SAR mendata ada 1.200 kepala keluarga yang selamat. Namun ketinggian air masih sekitar 1,5 meter.

Dalam evakuasi di Sungai Deli, unsur yang terlibat yakni Poalirud Belawan, Basarnas Medan, Tagana, PMI Kota Medan, BPBD Kota Medan, JSI Sumut, Rumah Zakat, FAJI, TKP dan Dinas Kesehatan Sumut.

Brimob Polda Sumut sediakan ambulans dan obat

Sementara itu, untuk membantu masyarakat korban banjir di Kecamatan Medan Maimun, Satuan Brimob Polda Sumut dipersiapkan mobil ambulans dan obat-obatan.

Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Pol Abu Bakar Tertusi, mengatakan, saat ini pihaknya telah mendirikan Posko Brimob di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sei Mati, Medan.

Selain mendirikan posko, ujar Abu Bakar, pihaknya juga menyediakan dapur lapangan dan mobil water treatment.

Hal tersebut, kata dia, dilakukan sebagai wujud bahwa Brimob dekat dengan masyarakat dan peduli akan masyarakat yang menjadi korban banjir di Kecamatan Medan Maimun.  

"Untuk nanti malam, kita siapkan juga makanan yang akan kita distribusikan kepada warga setempat dan personel kita stand by di lokasi banjir. Water treatment merupakan hal yang tentunya kita perhatikan karena saat ini asupan untuk air bersih di lokasi banjir dinilai kurang untuk menjadi solusi akan kebutuhan air bersih untuk dikonsumsi oleh masyarakat," ujarnya. 

https://regional.kompas.com/read/2020/12/04/18462041/banjir-di-perumahan-de-flamboyan-medan-5-orang-ditemukan-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke