Salin Artikel

Jateng Bakal Tambah Tempat Isolasi Mandiri Terpusat untuk Pasien Covid-19

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana menambah tempat isolasi mandiri terpusat terutama untuk beberapa Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan kasus Covid-19.

Sebab, tingginya kasus Covid-19 di Jateng paling banyak berasal dari klaster keluarga yang dinilai kurang disiplin saat menjalani isolasi mandiri di rumah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, sebenarnya Jateng sudah jauh-jauh hari menggunakan isolasi terpusat.

Dia mencontohkan tempat isolasi terpusat di Jateng itu diawali di Rumah Dinas Wali Kota Semarang.

Selain itu, Pemprov Jateng juga memanfaatkan Hotel Kesambi untuk isolasi mandiri.

“Sebenarnya sudah banyak jalan, kalau Kota Semarang kan sudah dari dulu rumah Pak Wali, kita juga bantu dengan hotel kesambi. Kita lebih dulu sebenarnya,” kata Ganjar, Rabu (2/12/2020).

Ganjar menjelaskan, di sejumlah daerah yang saat ini mengalami kenaikan kasus Covid-19 memang sudah mulai membuat atau mencari tempat isolasi mandiri terpusat.

“Contohnya di Banyumas. Banyumas itu sudah bisa juga, dia buat sekarang di Baturaden, cuman kemarin Kota Pekalongan, Pak Wali bilang hotelnya enggak mau,” ujarnya.

Untuk itu, Ganjar meminta setiap daerah di Jateng untuk menyiapkan tempat isolasi terpusat.

Sehingga, nantinya pasien Covid-19 yang hendak isolasi mandiri bisa menerima pelayanan yang nyaman dan disiplin.

Hal tersebut menindaklanjuti Menko Maritim dan Investasi (Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan yang mengatakan bahwa Jateng saat ini masih mengalami kenaikan kasus Covid-19 dan klaster terbanyaknya adalah klaster keluarga.

Sebelumnya, Luhut mengatakan tempat isolasi terpusat perlu ditambah agar pengawasan dan penanganan terhadap pasien Covid-19 bisa lebih terkontrol sehingga tingkat kesembuhan akan meningkat.

“Maka sekarang kita mencari agar isomannya betul-betul nyaman. Nah kita mau tindaklanjuti apa yang disampaikan oleh Pak Luhut agar setiap Kabupaten Kota itu menyiapkan. Sehingga kalau mereka diisiolasi itu nyaman. Nyaman dan terukur,” tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/02/21473731/jateng-bakal-tambah-tempat-isolasi-mandiri-terpusat-untuk-pasien-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke