Salin Artikel

Pemkot Yogyakarta Kumpulkan Direktur RS Rujukan Covid-19, Minta Kapasitas Ruang Isolasi Ditambah

Dalam rapat yang berlangsung di Balai Kota Yogyakarta itu, rumah sakit tersebut diminta menambah kapasitas ruang isolasinya.

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, secara total ada penambahan 68 tempat tidur di tujuh rumah sakit rujukan.

"Komitmen tambahan total ada 68, penambahan tetap mengikuti persyaratan bukan hanya asal tambah saja," kata Heroe yang juga Wakil Wali Kota Yogyakarta di Ruang Sadewa Balai Kota Yogyakarta, Rabu (2/12/2020).

"Memang di masing-masing rumah sakit berbeda, tergantung ketersediaan dan kepadatan rumah sakit," sambungnya.

Ketujuh rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Yogyakarta adalah RSUD Kota Yogya, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RS Panti Rapih, RS Bethesda, RS Pratama, RS Siloam, dan RS DKT Dr Soetarto.

Sejumlah rumah sakit itu bisa menampung 149 pasien yang terinfeksi virus corona. Saat ini, keterisiannya sudah mencapai 95 persen.

Heroe menyatakan, penambahan kapasitas rumah sakit itu sudah sesuai dengan surat edaran Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan tertanggal 27 November 2020.


Dalam edaran itu, pemerintah kota diminta mengalokasikan 30 persen dari jumlah total kapasitas kamar rumah sakit digunakan untuk merawat pasien Covid-19.

"Di Yogyakarta total kamar di 7 rumah sakit rujukan ada 1377 tempat tidur kalau terpaksanya disiapkan 30 persen dari itu harus disiapkan," kata Heroe.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Lana Unwama mengatakan, akibat seluruh rumah sakit rujukan hampir penuh, pasien Covid-19 sampai harus dirujuk ke luar Yogyakarta bahkan luar Provinsi DIY.

"Kemarin itu ada yang sampai keluar DIY seperti Klaten, Solo, Magelang. Ada juga yang dirujuk ke rumah sakit non rujukan," kata dia.

Menurutnya lebih baik pasien Covid-19 dirawat di rumah sakit non rujukan ketimbang dirawat di rumah sendiri.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/02/15191611/pemkot-yogyakarta-kumpulkan-direktur-rs-rujukan-covid-19-minta-kapasitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke