Salin Artikel

Kronologi 5 Anak yang Hilang Saat Gunung Ile Lewotolok Erupsi Ditemukan

LEWOLEBA, KOMPAS.com - Lima anak dari Desa Waienga, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata NTT, yang dikabarkan hilang pada Minggu (29/11/2020), berhasil ditemukan warga Desa Lamalela, Senin (30/11/2020) sore.

Kelima anak tersebut berhasil ditemukan warga desa Lamalela pada sebuah pondok di perkebunan milik salah seorang warga Desa Lamalela, Kecamatan Lebatukan.

"Kurang lebih pukul 13.35 Wita warga Lamalela umumkan, mereka sudah berhasil ditemukan di pondok perkebunan seorang warga," terang Kepala Desa Waienga, Bernadus Belia saat dihubungi Kompas.com, Senin malam.

Bernadus melanjutkan, mendapat informasi dari warga, pihaknya bersama anggota Kepolisian, TNI, Basarnas, dan tenaga medis, langsung menuju ke tempat kelima anak tersebut ditemukan.

Pada pukul 16.00 Wita tim gabungan tiba di lokasi. Tim langsung melakukan pertolongan dan penanganan medis terhadap kelima anak yang sudah diamankan warga Desa Lamalela.

"Saat ditemukan, salah satu dari kelima anak tersebut dalam keadaan lemas dan sedang tidur. Sedangkan keempat anak lainya dalam keadaan sehat, tetapi kondisinya drop karena apar dan haus. Tim gabungan memberi mereka makan dan minum secukupnya," terang Bernadus.

Selanjutnya, tim membawa 5 anak tersebut bergeser dari Desa Lamalela menggunakan mobil ambulans menuju Puskesmas Hadakewa.

Di puskesmas, dokter dan para medis melakukan observasi terhadap kelima anak tersebut.

Pukul 18.00 Wita, kelima anak tersebut dihantar ke Desa Waiengan untuk melakukan seremoni adat.


Setelah selesai seremoni adat terhadap, anak-anak tersebut kembali ke Puskesmas Hadakewa untuk observasi lanjutan oleh tim medis.

Bernadus pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam upaya pencarian 5 anak dari desanya itu.

"Saya mewakilli keluarga dan warga ucapkan terima kasih kepada semua tim yang sudah berupaya keras mencari hingga kelima anak kami berhasil ditemukan dengan aman dan selamat," pungkas Bernadus.

Diberitakan sebelumnya, lima anak dikabarkan hilang usai Gunug Ile Lewotolok erupsi pada Minggu (29/11/2020).

Mereka merupakan warga Desa Waienga, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata. Desa ini berada jauh dari Gunung Ile Lewotolok, sekitar 50 kilometer.

Kepala Desa Waienga Barnabas Belia mengatakan, lima anak itu diduga lari ke hutan saat erupsi Gunung Ile Lewotolok pada Minggu (29/11/2020) pagi.

Barnabas mengatakan, keluarga bersama warga setempat telah berusaha mencari mereka ke hutan di sekitar Desa Waienga.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/30/21253341/kronologi-5-anak-yang-hilang-saat-gunung-ile-lewotolok-erupsi-ditemukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke