Salin Artikel

Ruang Isolasi RSUD Temanggung Hampir Penuh, Pasien Covid-19 Harus Antre untuk Dirawat

Sebagai informasi, ruang isolasi RSUD Kabupaten Temanggung bisa menampung 60 pasien Covid-19.  Sedangkan saat ini sudah ada 54 pasien yang dirawat.

Direktur RSUD Temanggung Tetty Kurniawati menyebutkan, keadaan tersebut membuat dalam satu hari rata-rata tiga sampai empat warga yang antre untuk diisolasi. 

Terkadang, pasien Covid-19 terpaksa diarahkan untuk isolasi mandiri.

"Enam kamar yang masih tersedia tersebut terbagi untuk dewasa, ibu hamil, atau anak-anak, sehingga harus selektif untuk menerima pasien," kata Tetty seperti dilansir Antara, Jumat (27/11/2020).

Tetty mengatakan ada kriteria tertentu bagi warga yang dapat dirawat di RSUD Temanggung, antara lain bergejala baik ringan, sedang maupun berat, serta ada ketersediaan ruangan.

"Jika ruangan penuh terpaksa warga diminta untuk menjalani isolasi mandiri atau berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk isolasi di tempat karantina yang disediakan Pemkab Temanggung," katanya.

Dia mengatakan dalam beberapa minggu terakhir ruang isolasi di RSUD Temanggung cenderung penuh, tidak hanya penuh tetapi juga ada antrean di IGD.

"Memang kasusnya melonjak sehingga tidak bisa menampung semua yang datang untuk pasien, baik itu suspect Covid maupun yang sudah confirm," katanya.


Dia menyampaikan peningkatan pasien Covid-19 hingga angka 50 ini sudah terjadi sejak awal November 2020.

Bahkan lonjakan pasien sudah mulai terlihat sejak akhir Oktober 2020 dan hampir terjadi di semua daerah di Indonesia.

Menurut dia, peningkatan kasus Covid-19 karena beberapa faktor seperti aktivitas masyarakat sudah seperti biasa lagi.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Kabupaten Temanggung saat ini jumlah terkonfirmasi total 1.401 orang. Sebanyak 62 orang di antaranya meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/27/22163201/ruang-isolasi-rsud-temanggung-hampir-penuh-pasien-covid-19-harus-antre-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke