Salin Artikel

Timses Angkat Bicara soal Banteng Ketaton di Video "Hancurkan Risma" Pakai Atribut Machfud-Mujiaman

Seperti diketahui orang-orang dalam video berdurasi 20 detik itu adalah pendukung pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dari elemen Banteng Ketaton.

Imam mengaku tidak bisa mendeteksi satu per satu orang di dalam video tersebut.

"Bisa juga setelah acara sapa warga. Setelah selesai Pak Machfud-Mujiaman sudah meninggalkan lokasi, mereka melakukan apa-apa kan kami juga tidak tahu. Bisa juga inisiatif masyarakat," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (26/11/2020).

Di belakang sekumpulan orang dalam video itu juga tampak latar belakang spanduk besar bertuliskan “Silaturahmi Pendukung” bergambar Machfud-Mujiaman.

Beberapa orang juga terlihat mengenakan atribut pasangan calon nomor urut 2 tersebut.

Soal atribut yang dikenakan, kata Imam, setiap simpatisan Machfud-Mujiaman juga mendapatkan atribut kaus.

"Tapi, kan pendukungnya banyak, kita tidak tahu satu per satu," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, video sekelompok orang meneriakkan yel "hancurkan Risma" viral di media sosial.

Ketua Banteng Ketaton Surabaya Sri Mulyono Herlambang membenarkan bahwa orang-orang dalam video tersebut adalah pendukung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman dari elemen Banteng Ketaton.

Yel itu direkam pada Rabu lalu di kawasan Jalan Kranggan Surabaya.

Sri Mulyono mengatakan, kalimat itu tak berarti menghancurkan Risma secara fisik.

"Yel-yel yang kami kumandangkan sebagai bentuk rasa kekecewaan kami dari banteng-banteng PDI-P terhadap kesewenang-wenangan Risma," kata Sri Mulyono saat dikonfirmasi, Jumat (27/11/2020) sore.

Sri Mulyono menyebut, Risma sebagai sosok yang memecah belah PDI-P. Sikap Risma membuat kelompok yang berisi kader PDI-Perjuangan itu mendukung Machfud Arifin-Mujiaman.


Sri Mulyono juga menegaskan bahwa kelompoknya tak ingin menghancurkan Kota Surabaya secara fisik.

"Kita cinta damai. Surabaya harus tetap aman, damai, dan menyejahterakan rakyatnya. Tapi, yang ingin kita hancurkan adalah arogansi dan oligarki politik Bu Risma," terangnya.

Sedangkan Adi Sutarwijono, Ketua Tim Pemenangan pasangan nomor urut 1 Eri Cahyadi-Armuji, menyayangkan video tersebut.

"Sejak awal kami sudah sepakat dengan menandatangani pakta integritas bahwa kampanye Pilkada Surabaya akan dijalankan dengan damai. Tapi, video itu mengekspresikan kebencian pada Bu Risma," katanya saat dikonfirmasi.

Seperti diketahui, Risma merupakan kader dari PDI-P. Partai berlambang banteng ini mengusung pasangan Eri-Armuji pada Pilkada Surabaya. (Kontributor Surabaya, Achmad Faizal)

https://regional.kompas.com/read/2020/11/27/21594831/timses-angkat-bicarasoal-banteng-ketaton-di-video-hancurkan-risma-pakai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke