Salin Artikel

130 Santri Putri di Padang Positif Covid-19, Jubir Minta Ponpesnya Di-"Lock Down"

Pada Rabu (25/11/2020) tercatat ada 49 orang dan kemudian Kamis (26/11/2020) ini ada 81 orang.

"Total dalam dua hari ini ada 130 santri Ponpes Diniyah Putri Padang Panjang yang positif Covid-19," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal yang dihubungi Kompas.com, Kamis.

Jasman mengatakan karena begitu banyaknya santri yang positif, pihaknya menyarankan Ponpes tersebut untuk sementara waktu di-lockdown.

Penanganan kasus tersebut harus dilakukan secara cepat agar tidak menyebar ke santri lain yang jumlahnya mencapai ribuan.

"Saya sudah sarankan dilakukan lockdown di sana. Semua santri di tes swab, kemudian baru dipisahkan," jelas Jasman.

Menurut Jasman, selain itu jangan ada yang keluar masuk pondok pesantren.

"Kemudian semua yang dilakukan tes swab, lalu hasilnya negatif silakan pulang. Sementara yang hasilnya positif covid-19 tetap bertahan di asrama. Kemudian dilakukan penanganan selanjutnya," kata Jasman.

Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang, Nuryanuwar menyebutkan kasus diketahui berdasarkan hasil tracing dari pasien Covid-19 sebelumnya.

"Awalnya ada pasien positif, kemudian ditracing. Anaknya ternyata sekolah di Ponpes. Kemudian ditracing ke Ponpes. Ini hasilnya," kata Nuryanuwar.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/26/17353021/130-santri-putri-di-padang-positif-covid-19-jubir-minta-ponpesnya-di-lock

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke