Salin Artikel

Berikan Kode OTP karena Dijanjikan Pulsa Rp 500.000, Ratusan Juta Tabungan Nasabah Bank Raib

Orang di balik telepon itu mengaku berasal dari salah satu bank BUMN.

Awalnya, Ayu dijanjikan akan diberikan pulsa Rp 100.000. Setelah dicek, ternyata pulsa yang dijanjikan benar-benar dikirim.

Si pelaku kembali menjanjikan pulsa Rp 500.000 dengan syarat Ayu harus memberi tahu kode OTP yang akan dikirim ke ponselnya.

"Setelah saya sebutkan sebanyak empat kali, saya baru sadar kalau itu penipuan. Namun, si penelepon tetap bersikukuh bahwa ia tak menipu sambil memberikan penjelasan yang banyak. Setelah itu tiba-tiba teleponnya ditutup oleh si penelepon," ujar Ayu dikutip dari Tribunjatim, Rabu (25/11/2020).

Selang beberapa menit, sejumlah pesan masuk ke ponselnya. Pesan itu menginformasikan bahwa ada beberapa aktivitas transaksi sebesar Rp 49 juta, Rp 1,9 juta, dan 1 juta.

Ayu kemudian memeriksa saldo tabungannya dan sangat terkejut mendapati uang di rekeningnya hanya tersisa Rp 6,5 juta dari sebelumnya Rp 108 juta.  


Saat dicek secara manual, muncul transaksi transfer dari rekening korban ke sebuah rekening berinisial RWB, dan juga sebuah rekening atas nama yang dalam transaksi terlihat samar namanya.

Ayu berinisiatif memblokir rekeningnya dan melaporkan kejadian yang dialami ke Polresta Malang Kota.

Kasatreskrim Polresta Malang Kota, AKP Azi Pratas Guspitu membenarkan bahwa korban telah membuat laporan di Polresta Malang Kota.

"Sudah kami terima laporan korban. Saat ini kami masih dalam proses penyelidikan," ujar Azi.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul: Tertipu Pulsa Gratis, Seorang Perempuan di Malang Kehilangan Uang Tabungan Ratusan Juta

https://regional.kompas.com/read/2020/11/26/09372151/berikan-kode-otp-karena-dijanjikan-pulsa-rp-500000-ratusan-juta-tabungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke