Salin Artikel

Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Tenda Didirikan untuk IGD di RSUD Cilacap

Langkah itu untuk mengantisipasi penambahan pasien akibat kenaikan kasus virus corona (Covid-19) yang terjadi sejak beberapa waktu terakhir.

"Itu tenda IGD lapangan, untuk menambah kapasitas IGD, khususnya untuk pasien konfirmasi positif Covid-19 dan suspek," kata Kepala Dinkes Cilacap Pramesti Griana Dewi saat dihubungi, Selasa (24/11/2020).

Pramesti menjelaskan, tenda tersebut untuk menambah kapasitas IGD sekaligus untuk menyeleksi pasien yang diprioritaskan mendapatkan penanganan terlebih dahulu di IGD.

"Untuk memilah mana yang harus didahulukan, mana yang bisa ditunda, mana yang covid-19 dan mana yang bukan. Bukan untuk merawat seperti ruang isolasi yang lain," ujar Pramesti.

Pramesti mengatakan, kapasitas tempat tidur ruang isolasi di RSUD Cilacap hingga saat ini masih mencukupi. Dari total 89 tempat tidur, saat ini masih tersisa 23 tempat tidur.

Untuk mengantisipasi kenaikan pasien, rencananya pemkab juga akan menggunakan hotel dan homestay untuk karantina pasien terkonfirmasi positif asimtomatik atau orang tanpa gejala (OTG).

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Cilacap per hari ini tercatat 1.976 kasus terkonfirmasi positif. Rinciannya, 1.184 pasien sembuh, 738 dirawat dan 53 orang meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/24/17035361/antisipasi-lonjakan-pasien-covid-19-tenda-didirikan-untuk-igd-di-rsud

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke