Salin Artikel

Pasca-acara Rizieq Shihab di Bogor, Dinkes Sebut 20 Orang Reaktif Bukan Positif Covid-19

Dinkes membantah informasi adanya 20 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada kegiatan peletakan batu pertama yang dihadiri Rizieq Shihab di Markaz Syariah Pesantren Alam Agrokultural, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Bukan (positif), tapi reaktif. Ada 20 orang reaktif," kata Kepala Dinkes Kabupaten Bogor Mike Kaltarina menyikapi pernyataan Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo yang mengatakan ada 20 orang positif di acara Rizieq Shihab di Megamendung.

Mike menyebut bahwa sebelumnya petugas medis sudah dua kali melakukan rapid test dan swab test pada Kamis (19/11/2020) sampai Jumat (20/11/2020).

Adapun rapid test tersebut dilakukan di dua titik, yakni Desa Kuta dan Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Puncak Bogor, Jawa Barat.

Rinciannya, kata dia, di hari pertama ada 214 warga yang menjalani rapid test, 5 orang di antaranya dilaporkan reaktif Covid-19.

Di hari berikutnya, rapid test dilakukan kepada 344 warga dan hasilnya sebanyak 20 orang dinyatakan reaktif Covid-19.

Kepada orang yang reaktif tersebut, tenaga medis langsung melanjutkan pemeriksaan lanjutan dengan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) atau swab di lokasi.

Sampel swab tersebut kemudian dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jakarta dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Sudah dua kali, hari Kamis dan hari Jumat. Total ada 558 sampel alat tes Covid-19 dan itu total hasilnya ada 20 reaktif lalu kita swab terus keluarnya 1 orang positif terus kita tracing," ungkap Mike saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

Kendati begitu, Mike mengatakan belum bisa memastikan bahwa 20 orang reaktif itu tertular dari kerumunan penyambutan Rizieq Shihab.

Pasalnya, kawasan Puncak Bogor merupakan jalur yang banyak dilalui banyak wisatawan. Sehingga bisa jadi tertular dari transmisi lokal.

Yang jelas, kata dia, tes Covid-19 terhadap masyarakat dan pedagang dilakukan sebagai upaya mencegah munculnya klaster baru pasca-terjadinya kerumunan jemaah yang menyambut Rizieq Shihab.

"Untuk mitigasinya juga sudah, seperti penyemprotan disinfektan. Lokasi yang disemprot meliputi 6 desa," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/24/16394101/pasca-acara-rizieq-shihab-di-bogor-dinkes-sebut-20-orang-reaktif-bukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke