Salin Artikel

Pengakuan Relawan Vaksin Covid-19: Setelah Disuntik, Kami Baik-baik Saja...

“Kami ok, baik-baik saja. Sejauh ini ngga ada masalah,” ujar salah satu relawan Covid-19, Herlina Agustin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

Dosen Fikom Universitas Padjadjaran (Unpad) ini mengatakan, gejala yang ia rasakan saat disuntik vaksin Covid-19 hanya sakit sekitar dua menit di lengan kiri, tempat ia mendapatkan suntikan vaksin. Rasa nyeri itu kemudian menghilang.

Setelah disuntik, besoknya bisa kerja seperti biasa

Selain itu, setelah disuntik, ia merasa ngantuk dan lapar karena lama menunggu. Setelah itu, ia tidak merasakan apa pun lagi.

Bahkan keesokan harinya, ia bekerja seperti biasa dengan melakukan perjalanan Bandung-Jatinangor, Sumedang dan kegiatan lainnya.

Hingga kini, ia tetap menjalankan kegiatannya seperti biasanya. Tidak ada pengaruh dari suntikan tersebut.

Ribuan relawan disuntik, belum ada kejadian serius

Sementara itu, data tim uji klinik vaksin Covid-19 menyatakan, hingga 13 November 2020, jumlah relawan yang mendapatkan suntikan pertama sebanyak 1.620.

Suntikan kedua 1.603 dan 1.523 relawan dalam tahap pengambilan darah pasca penyuntikan kedua/masuk periode monitoring dan berbagai tes. Salah satunya, uji netralitas yang dibantu Balitbangkes Kemenkes RI.

“Selama proses uji klinis berlangsung, belum ada laporan mengeanai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius atau Serious Adverse Event (SAE),” ujar Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengutip laporan tim uji klinis.

“Begitupun tidak ditemukan kejadian serius yang tidak diinginkan dari para relawan yang diduga berhubungan dengan vaksin atau kegiatan vaksinasi,” ucap dia.

Vaksin merupakan salah satu cara pencegahan penyakit menular yang tidak hanya diberikan kepada bayi melainkan kepada orang dewasa.

Vaksin tidak hanya memberikan kekebalan individu namun juga dapat menciptakan kekebalan massal atau disebut juga kekebalan kelompok.

Tidak hanya melindungi tubuh dari serangan penyakit serius. Pemberian vaksin juga dapat mencegah penyakit yang dapat menimbulkan kematian maupun kecacatan.

Data dari World Health Organization (WHO) menunjukkan hampir 10 juta angka kematian dapat dicegah melalui vaksinasi.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/24/15382791/pengakuan-relawan-vaksin-covid-19-setelah-disuntik-kami-baik-baik-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke