Salin Artikel

Klaster Dukcapil, Terbesar di Kulon Progo Terus Bertambah, 49 Orang Positif Covid-19

KULON PROGO, KOMPAS.com – Klaster perkantoran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) merupakan yang terbesar di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penderita Covid-19 di klaster ini menembus 49 orang setelah penambahan 10 kasus baru pada Jumat (20/11/2020).

Sepuluh kasus baru melebar ke berbagai kantor dinas, di antaranya empat kasus positif (KP) di Dinas Kominfo, satu di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), satu di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), dan satu di kantor kapanewon (kecamatan) Pengasih.

“Selebihnya (tiga lainnya) merupakan penularan dalam keluarga kasus positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati ditemui di Dinas Kesehatan.

Klaster Dukcapil diperkirakan masih akan bertambah. Pasalnya, ratusan sampel swab baru sudah diambil, namun belum semuanya menunjukkan hasil.

Gugus Tugas juga berencana mengambil lagi swab dari banyak pegawai di berbagai OPD dalam waktu dekat.

Mereka yang dijadwalkan uji swab berikutnya dua kontak erat dari Kominfo, 22 dari Bappeda, 22 di BKAD dan para pegawai kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

“Semua terkait kegiatan kantor. (Karena) mereka melakukan pertemuan dengan kasus positif, baik berupa pertemuan kecil, dan biasanya memang lama,” kata Baning.

Walau sudah ada kasus positif di beberapa dinas, Gugus Tugas belum menerbitkan rekomendasi penutupan. Sementara itu, penutupan Dukcapil kembali diperpanjang dalam sepekan ke depan.

“Kami belum memutuskan untuk menutup yang lain tapi sudah didisinfeksi, karena masih satu-satu kasus saja,” katanya.

Penambahan di klaster Dukcapil membuat total kasus Covid-19 di Kulon Progo terus membengkak. Jumat kemarin sebenarnya ada penambahan 16 kasus positif Covid-19. Sepuluh di antaranya klaster Dukcapil.

Dengan demikian Kulon Progo mencatat 345 kasus selama pandemi. Sebanyak 215 telah sembuh, 27 dalam perawatan rumah sakit rujukan Covid-19 dan 94 jalani isolasi mandiri. Kematian mencapai 9 kasus.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/21/21562331/klaster-dukcapil-terbesar-di-kulon-progo-terus-bertambah-49-orang-positif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke