Salin Artikel

Kepala Dinas dan 52 Orang Positif Covid-19, Rekor Penambahan Tertinggi di Salatiga

SALATIGA, KOMPAS.com - Kota Salatiga mencatat rekor tertinggi dalam penambahan pasien positif terpapar Covid-19.

Pada Sabtu (21/11/2020), ada penambahan 53 pasien positif, satu orang meninggal dunia, dan 15 pasien dinyatakan sembuh.

"Ini rekor penambahan pasien Covid-19. Penambahan ini berdasar hasil tracking dan tracing yang kontak erat dengan kasus positif sebelumnya karena libur panjang kemarin. Selain klaster tempat kerja," kata Wali Kota Salatiga Yuliyanto, saat dihubungi.

Yuliyanto menegaskan bahwa lonjakan kasus ini menunjukkan kalau warga tidak taat dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Perlu dipahami dan dimengerti istilah new normal bukan berarti menjalani kehidupan sehari-hari tanpa protokol kesehatan. Tetap diperboleh aktifitas normal cuma dengan batasan tertentu," paparnya.

"Selain dari warga, pasien positif kali ini juga ada pejabat kepala dinas. Ayo semua patuhi protokol kesehatan. Siapa saja bisa terkena Covid-19, kita semua saling menjaga saling mengingatkan kalau ada yang lalai terhadap protokol kesehatan," kata Yuliyanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga Siti Zuraida mengatakan pasien yang meninggal berjenis kelamin perempuan berasal dari Kelurahan Tingkir Tengah, Kecamatan Tingkir.

"Untuk pasien positif terbanyak dari klaster rumah tangga akibat penularan di tempat kerja. Satu orang tertular di tempat kerja, di rumah menulari ke keluarga yang berjumlah tiga hingga tujuh orang," paparnya.

"Jangan abai dengan protokol kesehatan, bahkan kalau perlu di rumah tetap mengenakan masker. Lindungi diri, lindungi keluarga kita. Segera periksa ke tenaga medis kalau merasakan gangguan kesehatan," jelas Siti.

Secara kumulatif, jumlah pasien positif ada 489 orang. Terdiri dari 111 pasien menjalani perawatan dan isolasi, 366 pasien sembuh, dan 12 orang meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/21/16210721/kepala-dinas-dan-52-orang-positif-covid-19-rekor-penambahan-tertinggi-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke