Salin Artikel

Ditolak Warga, 18 Karyawati Pabrik Positif Covid-19 Dipindah ke Gedung Korpri

“Iya betul, hari ini kami pindah 18 orang ke Gedung Korpri, dan 1 orang dirawat di Puskesmas Kalimanah karena menunjukkan gejala,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Hanung Wikantono saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Hanung mengungkapkan, para karyawan pabrik yang terpapar corona tersebut terpaksa dipindahkan karena ada upaya penolakan dari warga.

Selama beberapa hari, para pasien tanpa gejala ini sebenarnya telah menjalani karantina mandiri di kamar kos masing-masing.

“Karena ada penolakan dari warga, sementara kamar isolasi di rumah sakit sudah full, terpaksa kami tampung di Gedung Korpri,” terangnya.

Dari pantauan di lokasi, ambulans menjemput para pasien tanpa gejala tersebut dari dua lokasi kos sekitar 11.00 WIB.

Warga di sekitar lokasi tidak ada yang mendekat, mereka memilih bersembunyi dan mengintip dari balik jendela rumah.

Sesampainya di Gedung Korpri, para pasien yang semuanya perempuan ini beristirahat di velbed.

Petugas medis menggunakan hazmat berjaga dan memfasilitasi kebutuhan para pasien.

“Kami akan swab secara berkala, setelah negatif baru kami perbolehkan untuk kembali ke kos,” pungkasnya.


Diberitakan sebelumnya, sejumlah warga di Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga menolak para karyawan pabrik yang terkonfirmasi positif virus corona menjalani karantina mandiri di kamar kos.

Salah satu warga sekitar indekos, Dewi ketika ditemui wartawan, Kamis (19/11/2020) mengaku takut jika keberadaan para pasien positif di lingkungannya berpotensi besar menularkan ke lingkungan sekitar.

“Secara psikologis kami jelas ketakutan ya, apalagi saya yang kebetulan di depan rumah (indekos) persis dan punya anak kecil, otomatis harus betul-betul waspada,” katanya.

Selain karena lokasi indekos yang dekat dengan pemukiman, iktikad para karyawan yang melakukan isolasi mandiri juga memicu reaksi warga.

“Saya sempat mengintip aktivitas mereka, melihat ada yang masih berkeliaran di teras tidak memakai masker,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/20/16532511/ditolak-warga-18-karyawati-pabrik-positif-covid-19-dipindah-ke-gedung-korpri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke