Salin Artikel

Di Klaten, BNPB Berikan Bantuan Rp 1 M untuk Penanganan Darurat Bencana Erupsi Merapi

KLATEN, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan senilai Rp 1 miliar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten.

Bantuan penanganan darurat bencana erupsi Gunung Merapi itu diserahkan oleh Kepala BNPB Doni Monardo kepada Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko.

Penyerahan dilakukan di Kantor Balai Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (19/11/2020).

Menurut Doni, bantuan itu tidak hanya diserahkan kepada Pemkab Klaten, namun juga kabupaten lain yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi.

"Dana ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat di pengungsian," kata Doni di Klaten, Jawa Tengah, Kamis.

"Termasuk dukungan masker, hand sanitizer dan alat rapid test antigen yang bisa mendeteksi seseorang terpapar Covid dalam hitungan menit," sambung dia.

Doni juga menekankan terhadap standar operasional prosedur (SOP) tempat evakuasi sementara bagi warga yang mengungsi.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nasional ini tidak ingin di tempat evakuasi sementara itu muncul klaster penularan Covid-19.

"Kita tidak ingin di pengungsian ada satu, dua orang yang terpapar Covid-19 akhirnya dapat menulari yang lainnya," terang Doni.

Doni juga mengatakan ketersediaan air bersih di tempat evakuasi sementara harus tercukupi. Kendati saat ini cukup, perlu adanya bantuan tambahan air bersih.

"Kemudian mereka (warga) secara fisik, kemampuan relatif rentan harus mendapat prioritas berada di tempat pengungsian, yaitu lansia, kemudian punya penderita komorbid, ibu-ibu hamil, ibu menyusui dan balita," tutur dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/19/23492941/di-klaten-bnpb-berikan-bantuan-rp-1-m-untuk-penanganan-darurat-bencana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke