Salin Artikel

Nama Bupati dan Wabup Probolinggo Dicatut untuk Penipuan

Serta akun Facebook Wabup Timbul Prihanjoko yang meminta dana untuk penanganan Covid-19.

Nomor WhatsApp bupati palsu itu mengirimkan chat ke nomor seseorang dan menggalang bantuan dana untuk ponpes dan yayasan.

”Perkenalkan saya dengan Ibu Haji Puput Tantriana Sari selaku Bupati Probolinggo saya mau menggalang donasi berupa uang untuk berbagai yayasan dan ponpes apa benar ini saya berbicara dengan pengurus yayasan," tulis akun WhatsApp itu ke nomor seseorang.

Nomor bupati palsu itu menggunakam gambar bupati yang mengenakan kaca mata, berjilbab dan berbaju putih. Persis Bupati Tantri.

Sejauh ini, belum ada laporan yang menjadi korban aksi penipuan yang mencatut foto dan nama Bupati Probolinggo ini.

Berbeda dengan akun Facebook palsu Wabup Timbul Prihanjoko. Akun itu membuat seseorang tertipu dan mentransfer uang Rp 100.000.

Dari percakapan di akun Facebook asli wabup, diinformasikan wabup palsu mengirim pesan melalui Messenger untuk minta uang dengan mengirim duit ke sebuah nomor rekening bank. Permintannya ada yang hingga Rp 10 juta.

Menanggapi hal itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo, Yulius Cristian menyebut, dalam kasus ini, nama Bupati Probolinggo digunakan untuk melakukan penipuan via WhatsApp.

Menurutnya, akun WA yang memiliki nomor 083830167711 itu mencoba untuk melakukan penipuan dengan modus pengumpulan donasi untuk yayasan dan ponpes.


"Dengan modus serupa, nama Wabup Timbul Prihanjoko juga digunakan untuk melakukan penipuan lewat media sosial Facebook," kata Yulius, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/11/2020).

Yulius menegaskan, kedua akun tersebut adalah akun palsu. 

"Bupati mengimbau, bila ada oknum yang mengatas namakan Bupati atau Wabup, diharapakan untuk tidak mengindahkan percobaan penipuan tersebut," ujar Yulius.

Sementara, Wabup Timbul menuturkan, sudah ada yang transfer melalui rekening bank sebesar Rp 100.000.

"Mohon kepada masyarakat tidak ditanggapi, itu penipuan," kata Timbul, kepada Kompas.com, melalui pesan singkat.

Dalam akun Facebook-nya yang asli, Timbul menulis, “Diinformasikan kepada semua, saat ini ada yang menggunakan foto dan data profil saya oleh pihak yang tidak dikenal, mohon agar tidak ditanggapi”. 

https://regional.kompas.com/read/2020/11/18/17120921/nama-bupati-dan-wabup-probolinggo-dicatut-untuk-penipuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke