Salin Artikel

Merapi Siaga Level III, Warga Sidorejo di Klaten Masih Bertahan...

KOMPAS.com - Warga Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, masih enggan untuk mengungsi meskipun status Gunung Merapi sudah ditetapkan menjadi Siaga level III.

Desa yang berada di lereng Gunung Merapi dengan jarak lebih kurang 5 kilometer dari puncak itu menganggap kondisi saat ini masih aman.

"Untuk sementara khususnya warga kami yang masuk di KRB III belum ada yang mengungsi dikarenakan kondisi Merapi saat ini masih dianggap aman," kata Sekretaris Desa Sidorejo, Sri Widakdo saat ditemui di Kantor Desa Sidorejo, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (17/11/2020).

Hal senada juga diungkapkan salah satu warga Desa Deles, Kismiyanti (55).

Dirinya beranggapan bahwa kondisi Merapi saat ini masih aman. Namun dirinya akan rela dievakuasi jika situasinya semakin gawat.

Perempuan yang setiap hari berjualan makanan ringan di objek wisata Deles itu menyebut jika para relawan sudah mengatakan kondisi Merapi semakin membahayakan.

"Kondisi sekarang masih aman. Nanti kalau sudah diminta untuk turun ya kita nanti turun ke tempat yang lebih aman," ungkap dia.

Sementara itu, menurut Sri, Desa Sidorejo memiliki 28 dukuh. Tetapi yang masuk di KRB III dengan radius 5 kilometer dari Gunung Merapi ada tiga dukuh, yakni Deles, Bangan dan Petung.

(Penulis: Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2020/11/18/15000041/merapi-siaga-level-iii-warga-sidorejo-di-klaten-masih-bertahan--

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke