Salin Artikel

Hiu Tutul Muncul di Pantai Tangerang, Wisatawan Diimbau Tak Berenang

Kasatpolair Polresta Tangerang, AKP Rony Effendi membenarkan kejadian tersebut.

Hiu tutul tersebut, kata Rony, muncul pada Rabu (11/11/2020) pagi di sekitar bagan nelayan di perairan Teluk Naga, Tangerang.

"Betul Hiu Tutul, hiu yang ada di video tersebut berada di Perairan Muara Pertamina Teluk Naga, tapi ikan besar tersebut juga pernah terlihat di wilayah perairan Tanjung Kait saat pergantian musim dari angin timur ke musim angin barat," kata Rony kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Rabu.

Rony mengatakan, hiu tutul yang muncul dalam video tersebut berukuran antara dua hingga tiga meter. Hiu tutul memiliki ukuran jumbo dan kulit dengan totol berwarna putih.

Hiu tersebut, kata Rony, pada dasarnya tidak berbahaya lantaran cenderung menghindari jika bertemu manusia. Namun, ikan bertulang rawan itu bisa menyerang jika lapar dan mencium bau amis.

"Kami memberikan imbauan kepada pemilik bagan pancing agar berhati-hati pada saat mengantarkan pemancing ke bagan," kata Rony.

Imbauan juga disampaikan untuk wisatawan.

Kata dia, di seluruh pantai di wilayah hukum Polresta Tangerang, sudah disampaikan imbauan larangan berenang bagi wisatawan.

"Imbauan bagi wisatawan di pantai, pemancing dan pegiat di perairan lainnya, agar berhati-hati apabila melaksanakan aktifitas di laut atau pantai utara Tangerang," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/11/19133471/hiu-tutul-muncul-di-pantai-tangerang-wisatawan-diimbau-tak-berenang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke