Salin Artikel

Kapolda Jatim Minta Anggotanya Pasang Mata dan Telinga Deteksi Dini Situasi Politik di Pilkada Serentak

"Jangan sampai ada peristiwa atau masalah yang tidak bisa kita antisipasi," kata Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, saat mengecek persiapan Polres Tuban, Jawa Timur, dalam menghadapi pelaksanaan pilkada serentak di tengah pandemi Covid-19, Senin (9/11/2020).

Menurutnya, selama satu bulan ke depan, harus pasang mata dan telinga untuk mendeteksi dini, serta fungsi intelejen harus berjalan dengan baik sehingga setiap permasalahan bisa diatasi. 

Sebab, tolok ukur keberhasilan ke depan bukanlah seberapa mampu menyelesaikan perkara, seberapa mampu menangkap pelaku kejahatan dan pelaku kerusuhan.

"Tetapi, tolok ukur kita adalah seberapa mampu kita mencegah supaya hal tersebut tidak terjadi," ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jatim, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, yang didampingi Pangdam V Brawijaya dan Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI ING Sudihartawan, menyempatkan ngobrol bareng Bhabinkamtibmas dan Babinsa secara virtual.

"Saya pesan kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa, rekan Danramil dan Kapolsek tolong dimonitor betul potensi kerawanan dinamika sosial politik yang berkembang ke depan" Imbuh dia.

Sementara, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono memaparkan situasi di wilayah hukum Polres Tuban saat ini masih dalam keadaan aman dan kondusif untuk menghadapi pilkada mendatang.

"Sejauh ini, sesuai pemetaan situasi dan kondisi umum jelang pilkada di Kabupaten Tuban masih aman dan kondusif," papar AKBP Ruruh Wicaksono.

Polres Tuban juga siap menerjunkan personel Polri sebanyak 590 personel dibantu TNI 391 personel, Satpol PP 71 personel, dan Linmas 6.270 personel, dalam pengamanan pelaksanaan Pilkada Tuban 2020 beserta sarana dan prasarananya.

Dalam kunjungannya tersebut Kapolda Jawa Timur menyerahkan bantuan sebanyak 10.000 masker, Pangdam V/Brawijaya (10.000) masker, Pangkoarmada II (2.500) masker.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/09/17072931/kapolda-jatim-minta-anggotanya-pasang-mata-dan-telinga-deteksi-dini-situasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke