Salin Artikel

Merapi Status Siaga, Destinasi Wisata yang Berada 5 Km dari Puncak Ditutup

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menetapkan status Gunung Merapi menjadi siaga (Level III) dengan ancaman bahaya sejauh maksimal 5 kilometer.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menutup destinasi wisata yang ada di dalam radius 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

"Kami sudah kooordinasikan, sesuai dengan yang tertera dalam edaran BPPTKG bahaya Merapi 5 Km," ujar Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Aris Herbandang, Kamis (5/11/2020).

"Kami akan menutup kawasan Klangon, Kinahrejo, bunker Kaliadem, dan wisata religi Turgo," tegasnya.

Menurutnya untuk Kaliurang masih terhitung dalam jarak aman. Sebab berada di luar radius 5 Km dari Puncak Gunung Merapi.

"Kaliurang masih jarak aman, 6,8 km (dari puncak Gunung Merapi) Masih kita buka," jelasnya.

Aris Herbandang menuturkan untuk jip wisata yang ada di lereng Merapi masih diizinkan. Namun dengan persyaratan tidak masuk ke dalam radius 5 Km dari puncak Gunung Merapi.

"Jalur jip tetap kita izinkan sepanjang kita tarik garis sesuai dengan jarak aman di luar 5 km. Untuk teman-teman operator jip akan segera kita koordinasikan," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/06/07260601/merapi-status-siaga-destinasi-wisata-yang-berada-5-km-dari-puncak-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke