Salin Artikel

Bentrok Dua Kelompok Massa di Sukabumi Berakhir Damai

Dua kelompok massa yaitu organisasi kemasyarakatan (Ormas) Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar Banten (BPPKB) Sukabumi dengan Persatuan Olah Silat Kebhatinan ( Poskab) Sapu Jagat.

Perdamaian kedua pihak berlangsung pada rapat koordinasi penanggulangan dan penyelesaian konflik antarormas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota di Gedung Pendopo Sukabumi, Senin (2/11/2020).

Hadir pada kesempatan itu unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota dan Kabupaten Sukabumi, tokoh ulama dan perwakilan BPPKB dan Sapu Jagat.

''Alhamdulillah kedua belah pihak, baik ormas BPPKB maupun paguyuban perguruan Sapu Jagat sudah saling islah, saling memaafkan,'' ungkap Kepala Polres Sukabumi Kota AKBP Sumarni kepada wartawan selesai memimpin rakor, Senin malam.

Namun, lanjut dia terkait permasalahan yang melanggar hukum tentunya akan terus diusut sesuai peraturan perundangan. Saat ini perkara pelanggaran hukum masih proses penyelidikan dan penyidikan jajaran Polres Sukabumi Kota.

''Sekarang masih memeriksa saksi-saksi, untuk pelaku sudah kami kantongi identitasnya dan lagi pencarian,'' ujar dia.

Penyelesaiab konflik ormas tersebut juga ditandai dengan penandatangan surat pernyataan oleh pimpinan kedua belah pihak yakni Ketua BPPKB Sukabumi Deden Syaeful Basri dan Ketua Posgab Sapu Jagat, Asep Mukarom.

Isi surat pernyataan di antaranya kedua belah pihak akan melakukan penyelesaian secara damai dengan prosedur hukum dan menyerahkan permasalahan yang ada kepada penegak hukum yang berwenang.   

Diberitakan sebelumnya dua kelompok organisasi masyarakat (ormas) terlibat bentrok di Jalan Lingkar Selatan (Lingsel), Kecamatan Baros, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (1/11/2020).

Peristiwa ini terjadi di depan Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi-Kantor Imigrasi sekitar pukul 16:00 WIB.

Akibat bentrokan tersebut, empat orang mengalami terluka dan mendapatkan penanganan medis di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD R Syamsudin SH.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/02/20514581/bentrok-dua-kelompok-massa-di-sukabumi-berakhir-damai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke