Salin Artikel

Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga di Banyumas Terendam Banjir hingga 50 Cm

BANYUMAS, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur sejak beberapa hari terakhir mengakibatkan ratusan rumah warga di wilayah timur Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terendam banjir.

Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Banyumas Ady Chandra mengatakan, banjir terjadi sejak Kamis (29/10/2020) pekan lalu.

Ketinggian air mencapai 30 sentimeter hingga 50 sentimeter.

"Kemarin sudah sempat surut, tapi semalam hujan begitu lebat, sehingga ketinggian air bertambah lagi," kata Ady saat dihubungi, Senin (2/11/2020).

Ady menyebut wilayah terdampak paling luas berada di Kecamatan Kemranjen, yaitu Desa Sirau, Desa Sidamulya dan Desa Grujugan.

"Titik pengungsian di wilayah Kecamatan Kemranjen ada tiga, yaitu Masjid Baitunnikmah, Desa Sirau, MI Fathul Ulim Desa Sirau dan MI Muhammadiyah Sidamulya," jelas Ady.

Adapun wilayah lain yang tergenang banjir yaitu di Desa Nusadadi, Kecamatan Sumpiuh dan Desa Plangkapan, Kecamatan Tambak.

Sementara itu, Camat Kemranjen Dwi Irawan Sukma mengatakan, hingga Minggu (1/10/2020) tercatat lebih dari 1.000 jiwa di tiga desa yang terdampak banjir.

Rinciannya, di Desa Sirau sebanyak 389 jiwa, kemudian di Desa Grujugan sebanyak 555 jiwa dan di Desa Sidamulya sebanyak 252 jiwa.

"Sebagian pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing. Kemarin tinggal 88 orang yang mengungsi," kata Irawan.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/02/12461311/hujan-deras-ratusan-rumah-warga-di-banyumas-terendam-banjir-hingga-50-cm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke