Salin Artikel

Rute Elit Borobudur Marathon 2020 Tak Keluar Pagar Kompleks Candi Borobudur

MAGELANG, KOMPAS.com - Borobudur Marathon 2020 yang dipersembahkan Bank Jateng dan Harian Kompas tidak lama lagi akan digelar di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 15 November 2020. 

Ajang sport tourism bergengsi di Indonesia ini jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena digelar di tengah pandemi Covid-19.

Penyelenggara menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sangat ketat, baik bagi peserta, panitia, hingga awak media.

Direktur Bisnis Harian Kompas, Lukminto Wibowo menuturkan, tahun ini hanya diikuti oleh 30 atlet lari nasional hasil seleksi PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Mereka akan berkompetisi melewati Elite Race Borobudur Marathon 2020 yang hanya terkonsentrasi di dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur sejauh 42,195 kilometer.

"Secara looping sejauh 3,5 kilometer yang akan dilalui pelari sebanyak 12 kali putaran," ujar Lukminto, ditemui disela kegiatan 'Spedia Bersama Ganjar Pranowo', di Hotel Manohara Borobudur Magelang, Sabtu (31/10/2020).

Rute ini diputuskan setelah melalui diskusi panjang dan mempertimbangkan banyak hal.

Salah satunya, kekhawatiran penyelenggara dengan antusiasme masyarakat yang tidak mentaati protokol kesehatan saat menyaksikan kompetisi ini, jika tetap diadakan di luar kompleks. 

"Ada variabel yang di luar kapasitas kita, yaitu penonton. Untuk itu rute diselenggarakan di dalam pagar kompleks Candi Borobudur. Semua yang masuk di kompleks dibatasi hanya 100 orang, termasuk VIP, wartawan, dan lainnya," papar Lukminto.

Lukminto mengakui, Elite Race Borobudur Marathon 2020 memang tidak banyak rintangan.


Namun, ia berharap rekor "best performance" bisa terpecahkan di rute yang sudah mengantongi sertifikasi dari PB PASI ini.

Lebih lanjut, seluruh orang yang masuk ke kompleks Candi Borobudur wajib menjalani screening kesehatan, mulai dari tes usap (swab test) sampai karantina baik sebelum maupun sesudah kegiatan.

Pihaknya menyediakan LO (Liaison Officer) dan tenaga medis.

Lukminto menyatakan, ada pelajaran yang bisa dipetik dari Borobudur Marathon 2020 ini adalah semangat mempertahankan event besar meski di tengah pandemi Covid-19.

Bahkan, Borobudur Marathon 2020 menjadi salah satu event marathon bergengsi yang tetap dilaksanakan pada masa pendemi.

Di dunia, hanya Tokyo Marathon pada Februari 2020 dan London Marathon awal Oktober 2020, yang tetap digelar.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena tetap bisa menyaksikan secara langsung di Kompas TV pada 15 November 2020 mulai pukul 05.00 WIB," papar Lukminto. 

https://regional.kompas.com/read/2020/11/01/12064831/rute-elit-borobudur-marathon-2020-tak-keluar-pagar-kompleks-candi-borobudur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke