Salin Artikel

Budidaya Ikan Cupang, Pemuda Ini Raup Omset Rp 15 Juta Per Bulan

SUMEDANG, KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19 ini, ikan cupang hias naik daun.

Ikan cupang yang biasa dijual murah dan banyak dijumpai di pasaran pun, kini harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah bahkan jutaan, dan mulai diburu para pecinta ikan hias.

Satu ekor ikan cupang hias bisa bernilai Rp 500.000 hingga Rp 1 juta jika dibudidayakan secara maksimal sehingga menghasilkan ikan cupang dengan corak warna yang indah.

Seperti yang dilakukan Aldy Satria Nugraha (22), pemuda asal Lingkungan Cirangkong, Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Aldy mengaku, awal budidaya ikan cupang hias ini karena hobi dan sudah mulai dilakukan sejak setahun terakhir ini.

Namun, seiring minat pasar yang terus berkembang, hobi isengnya ini malah memberikannya nilai lebih.

Aldy mengatakan, saat ini, dari budidaya ikan cupang hias ini, ia mampu meraup omzet Rp 15 juta per bulan.

"Awalnya itu hobi sampai kepikiran buat membudidayakannya. Setahun jalan, alhamdulillah ikan cupang yang saya budidaya ini tumbuh besar dan menghasilkan corak warna yang indah," ujar Sarjana Keperawatan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang baru diwisuda tahun 2020 ini, kepada Kompas.com, di rumahnya, Sabtu (31/10/2020).

Aldy mengatakan, karena mulai banyak diminati, rumah yang kini ditinggali bersama keluargannya akhirnya disulap menjadi workshop budidaya ikan cupang hias.

"Karena banyak peminat ikan cupang hias yang datang ke rumah, saya jadikan rumah tempat budidaya ikan cupang hias Betta Nol Lima," tutur anak kedua dari Devi Supriyadi dan Nunung Purwaningrum ini.

Aldy menuturkan, selain kolektor ikan hias di wilayah sekitar Jawa Barat yang datang langsung ke tempat workshop, pada masa pandemi Covid-19 ini, pesanan juga datang dari luar Jawa Barat, seperti Jakarta hingga pulau Sumatera.


"Sekarang banyak pesanan via online juga. Ada yang dari Jakarta sampai pulau Sumatera," sebut Aldy.

Aldy menyebutkan, untuk 1 ekor ikan cupang hias hasil budidayanya ini dijual berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1 juta.

Harga jual, kata Aldy, tergantung ukuran dan corak pada ikan cupang hias yang dibudidayakannya.

"Harga tergantung ukuran dan corak ikannya. Dalam sebulan bisa menjual 50 ekor hingga 100 ekor ikan hias cupang," tutur Aldy.

Aldy menyebutkan, ikan cupang hias banyak diburu karena memiliki corak warna beragam dan indah.

Tak heran, kata Aldy, ikan cupang hias, saat ini banyak menghiasi aquarium di dalam rumah.

"Jika dirawat dengan baik di dalam aquarium, corak warna ikan cupang hias akan tumbuh dan semakin bagus coraknya," sebut Aldy.

Aldy berharap, usaha budidaya ikan cupang hias yang ditekuninya ini ke depan dapat semakin berkembang.

"Saya optimistis budidaya ikan cupang hias ini akan semakin berkembang. Karena para pecinta ikan hias ini tidak mengenal musim. Mungkin sekarang ini memang menjadi awal ikan cupang hias mulai tren. Tapi, saya yakin, ke depan juga akan semakin banyak penggemarnya," kata Aldy.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/01/09254161/budidaya-ikan-cupang-pemuda-ini-raup-omset-rp-15-juta-per-bulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke