Salin Artikel

Libur Panjang, Penumpang di Terminal Tirtonadi Solo Meningkat 20 Persen

SOLO, KOMPAS.com - Pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, mencatat ada peningkatan jumlah penumpang pada libur panjang akhir Oktober 2020.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto mengatakan, peningkatan jumlah penumpang mulai terjadi pada Selasa (27/10/2020).

Peningkatan penumpang yang masuk terminal pada libur panjang akhir Oktober 2020 tersebut antara 10-15 persen.

"Mulai hari kemarin (Selasa) ada peningkatan. Tidak signifikan antara 10-15 persen untuk mudik atau pulang kampung. Sampai hari ini kita pantau kurang lebih ada peningkatan 20 persen," kata Joko kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Rabu (28/10/2020).

Dikatakan Joko, setiap harinya jumlah bus yang masuk terminal antara 600-700 bus.

Adapun jumlah penumpang antara 10.000 hingga 11.000 orang.

Joko menambahkan, peningkatan jumlah penumpang itu didominasi berasal dari wilayah Solo dan sekitarnya.

"Kebanyakan (penumpang) ini antarkota kabupaten," ungkap Joko.

Pihaknya tetap melakukan pengawasan penumpang yang masuk terminal mengingat masih kondisi pandemi Covid-19.

Di mana setiap penumpang yang masuk terminal harus memakai masker, mencuci tangan dan pengecekan terhadap suhu tubuh di pintu masuk.

"Kita dari awal menerapkan SOP (standar operasional prosedur) protokol kesehatan Covid-19. Sampai saat ini penumpang masuk sudah pakai masker dan cek suhu," terang dia.

Joko mengaku memberikan pengawasan khusus terhadap penumpang dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

"Iya, satu, dua sudah terlihat (masuk terminal). Tapi tidak signifikan. Dengan PSBB di Jabodetabek cuma satu dua keluarga yang pulang karena persyaratan Covid-19 dia terpenuhi," ungkap Joko.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah memutuskan untuk tetap menjadikan 28 Oktober dan 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hal itu disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy, Senin (19/10/2020).

"Sesuai arahan Presiden, menetapkan cuti dan libur dalam kaitannya dengan peringatan Maulid Nabi tetap dilaksanakan, jadi tidak ada perubahan," kata Muhadjir.

Dengan demikian, akan ada libur panjang selama lima hari, yaitu pada 28 Oktober hingga 1 November 2020.

Adanya libur panjang memunculkan kekhawatiran terjadinya penyebaran virus corona karena masyarakat memanfaatkannya untuk bepergian.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/28/17585381/libur-panjang-penumpang-di-terminal-tirtonadi-solo-meningkat-20-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke