Salin Artikel

Pembelajaran Tatap Muka di Solo Mulai November, Guru dan Siswa Harus Tes Swab

SOLO, KOMPAS.com - Pembukaan pembelajaran tatap muka (PTM) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Solo, Jawa Tengah dimulai awal November 2020.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, sebelum PTM dimulai, guru dan siswa harus menjalani pemeriksaan swab menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR).

"(Pembelajaran tatap muka) dimulai November. Nanti tanggal 2 November bapak/ibu guru di-swab dulu. Setelah itu baru muridnya yang mau sekolah itu di-swab di sekolahan," kata Rudy di Solo, Jawa Tengah, Selasa (27/10/2020).

Pemeriksaan swab dilakukan sebagai deteksi dini Covid-19. Sekaligus memastikan bahwa peserta didik yang mengikuti pembelajaran tatap muka bebas terinfeksi virus corona.

Dikatakan, ada tiga sekolah yang ditunjuk sebagai percontohan pembelajaraan tatap muka di Solo. Tiga sekolah itu adalah SMPN 4 Solo, SMP Al Azhar Syifa Budi, dan MTsN 1 Solo.

"Untuk SMPN 4 Solo itu siswanya ada 140 anak dan gurunya 65 orang itu di-swab semua dulu. Selama 14 hari nanti kalau tidak ada perkembangan diteruskan," katanya.

Pembelajaran tatap muka SMP di Solo belum bisa diterapkan 100 persen. Dibatasi 50 persen daring dan 50 persen tatap muka. Khususnya bagi siswa kelas IX.

"Dinas Kesehatan minta belajarnya nanti dua minggu. Dua minggu baru ganti orang. Terus di-swab lagi. Selama inkubasi 14 hari nanti ada perkembangan klaster tidak," ujar dia.

Jika hasil swab tersebut tidak ada siswa yang terpapar Covid-19, maka pembelajaran tatap muka bisa diteruskan untuk siswa kelas VIII.

"Kalau setelah 14 hari di-swab tidak ada yang terpapar berarti kita aman. Nanti yang baru berikutnya 140 siswa di-swab lagi. Kalau dua-duanya aman baru dinaikkan untuk kelas VIII," ungkap Rudy.

Terpisah, Kepala SMPN 4 Solo, Sri Wuryanti mengatakan, ia sudah menyosialisasikan rencana pembukaan sekolah tatap muka kepada orangtua siswa.

Dia juga mengatakan sekolah sudah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) penanganan Covid-19 bagi siswa.

"Kita sudah ada SOP penanganan kalau ada siswa yang panas, batuk di kelas dan lainnya. Nanti akan kita evaluasi lagi," kata Sri.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/27/23192581/pembelajaran-tatap-muka-di-solo-mulai-november-guru-dan-siswa-harus-tes-swab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke