Salin Artikel

Viral, Video Anggota TNI Masuk Gorong-gorong, Begini Ceritanya

Aksi tersebut terjadi di Jalan Raya Simpang-Parakanmuncang, tepatnya di gorong-gorong anak Sungai Cimande, Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (22/10/2020), sekitar pukul 14.18 WIB.

Komandan Kodim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustopa mengatakan, aksi tersebut dilakukan oleh sejumlah anggota Sektor 21 Subsektor 15 Sumedang secara spontan.

"Waktu itu, Serka Erik Krisyana dan personel lainnya melintas di jalur jalan tersebut dan melihat ada genangan air yang menutupi jalan," ujar Zaenal kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Selasa (27/10/2020).

Zaenal menuturkan, air yang menggenangi jalan provinsi penghubung Sumedang-Bandung tersebut disebabkan oleh sampah yang menyumbat saluran air di gorong-gorong di lokasi kejadian.

"Karena didasari tangung jawab bersama, personel TNI pun turun untuk membersihkan sampah yang menyumbat saluran air tersebut. Ada 5 kuintal sampah yang berhasil diangkut personel TNI bersama warga sekitar," tutur Zaenal.

Zaenal mengapresiasi langkah dari para personel TNI dari Sektor 21 Subsektor 15 Sumedang ini, karena telah sigap membantu mengatasi persoalan di tengah masyarakat.

"Aksi spontanitas ini tentunya harus diapresiasi, mengingat dampak dari aksi ini dapat mengatasi masalah terkait air yang kerap menggenangi badan jalan dan menjadi penyebab kemacetan di sekitar lokasi," sebut Zaenal.

Zaenal mengimbau, warga di Kabupaten Sumedang, khususnya pada saat musim hujan ini agar tidak membuang sampah sembarangan.

Terutama membuang sampah ke saluran air, sehingga dapat berakibat fatal pada lingkungan.

"Agar kita juga terhindar dari bencana. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, penting untuk menjaga kebersihan lingkungan, agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit," kata Zaenal.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/27/22422201/viral-video-anggota-tni-masuk-gorong-gorong-begini-ceritanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke