Salin Artikel

Puncak Libur Panjang di Pelabuhan Merak Diprediksi Terjadi Malam Ini dan Besok

"Prediksi puncak di Pelabuhan Merak bisa terjadi hari ini pada malam hari dan besok. Karena, long weekend-nya kan dimulai tanggal 28 Oktober," kata General Manager PT ASDP Cabang Merak, Hasan lessy kepada wartawan. Selasa (27/10/2020).

Hasan menuturkan, pada libur panjang yang terjadi dari tanggal 28 Oktober hingga 1 November 2020 jumlah penumpang di Pelabuhan Merak akan meningkat 6 persen.

"Untuk peningakatan penumpang 6 persen dari hari biasanya rata-rata yah. Kalau normalnya penumpang itu sekitar 900 orang, kendaraan dua ribuan," ujar Hasan.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, jumlah kapal disiapkan sebanyak 55 unit, hari biasa hanya hanya 38 kapal yang dioperasikan.

"Saat ini secara normal yang beroprasi ada 38 kapal, melihat dilapangan belum ada peningkatan yang signifikan. Kita punya 75 kapal, yang siap ada 55 kapal," ujar Hasan.

Kini, jumlah dermaga sudah ada 7 dermaga, satu diantaranya dermaga eksekutif.

"Dermaga saat ini sudah ada penambahan satu dermaga yaitu dermaga 4. Jadi aeluruhnya ada 7 dermaga yang melayani kapal," tuturnya.

Mengantisipasi penyebaran Covid-19, PT ASDP Merak sudah menerapkan protokol kesehatan seperti penumpang diwajibkan membeli tiket secara online.

Kemudian, pengguna jasa harus menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tentunya kapasitas penumpang di kapal dibatasi 50 persen.

Selain itu, pihaknya juga mewaspadai cuaca buruk di perairan Selat Sunda.

"Terkait cuaca kita terus kordinasi dengan pihak terkait seperti Syahbandar, BMKG," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/27/12505661/puncak-libur-panjang-di-pelabuhan-merak-diprediksi-terjadi-malam-ini-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke