Salin Artikel

Wisatawan Diprediksi Membeludak, Wisata Pantai Terapkan Sif Pengunjung

Sistem sif ini untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah pengunjung agar physical distancing tetap terjaga.

Staf manajemen MS Town Pantai Mutun, Rahmat Afandi mengatakan, pihaknya tidak membatasi jumlah pengunjung yang datang, melainkan kapasitas di area pantai yang dibatasi.

"Bukan jumlahnya yang dibatasi, dengan artian, kalau sudah (pantai) penuh kita minta (pengunjung) pulang, tapi bergantian masuknya," kata Rahmat saat ditemui, Senin (26/10/2020).

Rahmat mengatakan, ketika libur panjang, lonjakan pengunjung selalu terjadi di pantai yang berada di pesisir teluk Lampung wilayah Pesawaran itu.

Dengan sistem sif ini, kata Rahmat, ketika area pantai sudah penuh, maka pengunjung yang baru datang akan diminta menunggu hingga ada pengunjung pulang.

"Jadi, misalnya, ada dua rombongan keluar, dua rombongan baru masuk, jadi bergantian," kata Rahmat.

Selain pembatasan kapasitas ini, Rahmat menambahkan, pengelola pantai juga sudah menyiapkan area cuci tangan di beberapa titik.

"Kami juga sudah koordinasi dengan gugus tugas kabupaten untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19," kata Rahmat.

Pantauan Kompas.com di MS Town Pantai Mutun, sejumlah tempat cuci tangan telah disiapkan, begitu juga dengan spanduk imbauan protokol kesehatan Covid-19 serta para pedagang dan operator kapal sudah mengenakan masker.

Tina, salah satu pedagang mengatakan, protokol kesehatan sudah dilaksanakan oleh mayoritas pedagang.

"Kami tiap hari pakai masker. Apalagi nanti, kalau libur panjang, yang datang kebanyakan dari luar Lampung, ya jaga jarak aja," kata Tina.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/26/11574141/wisatawan-diprediksi-membeludak-wisata-pantai-terapkan-sif-pengunjung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke