Salin Artikel

Bantu Pemerintah Tangani Covid-19, UKSW Bangun Laboratorium Biomolekuler BSL 3

Tim Identifikasi Sampel Corona Virus (Covid-19) UKSW Prof. Dr. Ferdy Semuel Rondonuwu mengatakan, Laboratorium BSL-3 memiliki standar internasional sebagai fasilitas untuk bekerja dengan virus dan bakteri.

"Ini merupakan aset nasional karena tidak terbatas uji Covid saja, laboratorium ini bisa menangani semua hal terkait virus dan biomolekuler. Tidak hanya terjamin dari sisi safety, tapi juga security,” terang Ferdy dalam keterangan tertulis, Jumat (23/10/2020).

Sementara Dr. Maria Marina Herawati sebagai penanggung jawab Laboratorium Biomolekuler BSL-3 menyebut, laboratorium ini akan digunakan untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

"Penanganan diagnostic Covid juga dapat dilakukan dengan standar BSL-2, akan tetapi UKSW membangun BSL-3 karena melihat segi safety and security yang lebih tinggi," jelasnya.

“Tingkat keamanan dari BSL-3 sudah sangat tinggi. Peneliti atau tenaga analis yang bertugas dilengkapi dengan alat pelindung khusus. Selain itu tekanan ruangan BSL-3 dikondisikan negatif agar tidak terjadi perpindahan kotoran dan bakteri. Setiap saat juga ada petugas kontrol pengaturan mesin yang memperhatikan suhu, kelembaban dan tekanan di ruangan,” sambung Maria.

Terkait akses masuk dan keluar laboratorium ini, Dr. Maria Marina menyebutkan sangat minim mengingat pengujian terhadap virus yang penularannya tinggi.

Fasilitas penelitian juga dilengkapi pipa vakum dengan filter high efficiency particulate air (HEPA), sehingga jika ada mikrobiologi atau kuman lepas akan terperangkap filter dan mati.


Laboratorium ini siap beroperasi mulai 26 Oktober 2020. Saat ini sejumlah rumah sakit sudah mengajukan kerja sama untuk uji sampel Covid-19.

Laboratorium Biomolekuler BSL 3 UKSW juga sudah terhubung dengan jaringan laboratorium Covid se-Jawa dengan nomor 283 dari total 306 laboratorium terdaftar.

Rektor UKSW Salatiga Neil Semuel Rupidara mengatakan pembangunan laboratorium ini adalah respons terhadap situasi terkini yang tengah dihadapi Indonesia.

"Terkait kondisi pandemi Covid-19 yang tengah melanda negara ini, UKSW turut memikul tanggung jawab sebagai komitmen memberi dukungan bagi pemerintah dalam mengatasi pandemi sampai tuntas," terangnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/23/16505211/bantu-pemerintah-tangani-covid-19-uksw-bangun-laboratorium-biomolekuler-bsl

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke