Salin Artikel

63 Kelurahan Nol Kasus Positif Covid-19, Pemkot Surabaya Tingkatkan Upaya Pencegahan

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan, sejumlah langkah dilakukan untuk mempertahankan nihil kasus positif Covid-19 di puluhan kelurahan itu.

"Salah satunya dengan melakukan penguatan upaya promotif dan preventif melalui sosialisasi protokol kesehatan, pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan RT/RW, kelurahan, kecamatan dengan melibatkan lintas sektoral secara intensif dan berkelanjutan," kata Febri di Surabaya seperti dikutip dari Antara, Kamis (22/10/2020).

Pemkot Surabaya juga melibatkan karang taruna, babinsa, dan bhabinkamtibmas, untuk memastikan masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, rangkaian pemeriksaan seperti tes swab semakin masif dilakukan. Khususnya, bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi tertular Covid-19.

Febri memastikan, setelah tes swab dilakukan, puskesmas juga aktif memantau kondisi masyarakat.

"Kemudian, mensyaratkan hasil pemeriksaan RT-PCR negatif bagi pelaku perjalanan. Terutama bagi warga yang baru pulang dari berpergian atau warga luar kota yang menginap di Surabaya," katanya.

Untuk memaksimalkan pencegahan, Pemkot Surabaya meningkatkan peran dan fungsi Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo.


Menurutnya, hal ini penting dilakukan untuk mengendalikan penularan di masyarakat.

"Tentu dengan melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap warga yang dikarantina atau isolasi mandiri," katanya.

Pemkot Surabaya juga menyediakan sarana isolasi pasien Covid-19di Asrama Haji. Tempat isolasi itu ditujukan untuk pasien terkonfirmasi positif tanpa gejala.

Pemantauan harian juga rutin dilakukan, terutama bagi status pelaku perjalanan, kontak erat, suspek, atau probable di masing-masing kelurahan. Deteksi dini berbasis wilayah di bawah koordinasi Wani Jogo Suroboyo dan puskesmas.

"Terakhir, melibatkan peran aktif Karang Taruna, PKK, Remas dan organisasi kemasyarakatan untuk menerapkan Program Sehat Mandiri, Bebas dari Covid-19 berbasis keluarga," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/22/17441191/63-kelurahan-nol-kasus-positif-covid-19-pemkot-surabaya-tingkatkan-upaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke