Salin Artikel

Bupati Banyumas Uji Coba Minyak Kayu Putih untuk Terapi Covid-19

"Walaupun belum teruji secara klinis, tapi saya melakukan riset sendiri, minyak kayu putih bisa mengurangi risiko," kata Husein saat peluncuran Desa Siaga Komorbid di Balai Desa Danaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (19/10/2020).

Husein mengatakan, terapi minyak kayu putih telah diujicobakan kepada lima orang santri dari salah satu pondok pesantren yang beberapa waktu lalu terinfeksi Covid-19 tanpa gejala.

"Saya juga sudah riset di pondok, lima orang santri (yang positif) saya kasih uap dari kayu putih, dan lima orang tersebut begitu dites lagi negatif, yang lain masih banyak yang positif," lanjut Husein.

Husein menjelaskan minyak kayu putih tersebut dicampur dengan air dan dipanaskan dengan alat buatannya.

"Kayu putih saya masukkan di boiler, dikasih air 0,5 liter sama minyak kayu putihnya tiga sendok, terus dididihkan, kan keluar uap, uap itu dihirup," jelas Husein.

Husein mengatakan, uji coba tersebut dilakukan berdasarkan referensi dari dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan kesaksian dari rektor Institut Pertanian Bogor (IPB).

Selain itu, menteri pertanian juga mengklaim bahwa kandungan dalam minyak kayu putih dapat membunuh Covid-19.

"Saya tidak tahu ini dapat mempercepat atau membunuh saya tidak tahu, yang jelas (berdasarkan uji coba yang dilakukan) negatifnya cepat, termasuk untuk pencegahan," ujar Husein.

Namun Husein meyakini terapi tersebut dapat membantu memperlemah virus dalam tubuh.

"Apalagi sudah dipanaskan dengan temperatur lebih dari 55 derajat celsius, temperatur segitu kan sudah membunuh virus, tapi kalau sudah masuk paru-paru kemungkinan susah," kata Husein.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/19/13380631/bupati-banyumas-uji-coba-minyak-kayu-putih-untuk-terapi-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke