Salin Artikel

Pergi Matikan Jebakan Tikus Listrik, Petani Ini Tewas Tersengat

Kali ini, Lani (62), seorang petani asal Dusun Sambungrejo, Desa Mojoagung, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, tewas tersengat listrik jebakan tikus di sawah.

Kapolsek Soko, Iptu Khoirul Akhmad mengatakan, korban ditemukan oleh Kasri (50), istrinya sendiri pada Kamis (15/10/2020) dini hari pukul 04.30 WIB dan sudah terbujur kaku di pematang sawah milik Sokran.

Korban setiap hari diketahui merupakan petani yang menggarap sawah milik Sokran, warga Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Tuban.

Petani tersebut tewas akibat tersengat aliran listrik tegangan tinggi untuk jebakan tikus yang dipasang sendiri dari rumahnya di lahan garapannya yang berjarak 70 meter.

Seperti biasa, korban setiap pagi melaksanakan rutinitasnya pergi ke sawah untuk mematikan saklar listrik yang digunakan untuk jebakan tikus yang terpasang di sawah.

Namun, korban justru diketahui tidak kunjung pulang ke rumah, hingga akhirnya istrinya berangkat mencari keberadaan korban dan menyusulnya ke sawah.

"Sesampainya di TKP, istrinya melihat korban sudah terbujur kaku jatuh di sawah dengan posisi tengkurap menghadap ke utara," kata Iptu Khoirul Akhmad, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (15/10/2020).

Melihat kejadian tersebut, istri korban langsung mematikan saklar listrik dan mencabut setop kontak yang berada tidak jauh dari korban ditemukan.


Setelah itu, ia berteriak meminta tolong warga sekitar untuk membantu menolong korban dan membawanya ke rumah duka.

Petugas Kepolisian, Satpol PP Kecamatan Soko dan Petugas Pukesmas Soko yang mendapatkan informasi tersebut langsung mengecek ke lokasi dan memeriksa kondisi korban untuk memastikan penyebab kematian korban.

"Korban dinyatakan meninggal dunia karena tersengat aliran listrik dari jebakan tikus tersebut," tutur dia.

Berdasarkan keterangan saksi, saat kejadian korban diduga terpeleset dari pembatang sawah yang licin hingga terjatuh ke dalam sawah dan jari tangan kanan korban bagian depan mengenai kawat jebakan tikus.

"Sebab ada luka terbakar di bagian tangan kanan korban," terang dia.

Selanjutnya, jasad korban dibawa pulang ke rumah duka dan keluarga tidak menghendaki korban untuk dilakukan otopsi dan meminta untuk dikebumikan secara umum.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/15/19175751/pergi-matikan-jebakan-tikus-listrik-petani-ini-tewas-tersengat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke